5 Bunga Paling langka di Dunia yang Harus Kamu Tahu

Hai sahabat Alicia Florist dimanapun anda berada. Kali ini, kami akan memberikan informasi tentang bunga paling langka di Indonesia yang harus kamu tahu. Bahkan ada beberapa bunga yang nanti disebutkan memiliki keunikan yang beda dari yang lainnya.

Bunga langka adalah bunga yang keberadaannya terancam dalam kepunahan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, termasuk faktor manusia yang tidak mau menjaga alamnya.

Nah langsung saja, inilah 5 bunga paling langka di dunia dan keterangannya menurut Alicia Florist.

Bunga Paling Langka

Bunga Rafflesia Arnoldi

Bunga ini memang terlihat cukup indah apalagi dilihat dari posisi yang pas. Warna merah, kuning serta oranye yang berkolaborasi membuat orang tertarik untuk terus menyaksikannya. Namun bunga yang berukuran besar ini bisa menghasilkan aroma yang tak sedap.

Bunga yang satu ini tumbuh dan berkembang di daerah hutan Sumatra seperti Bengkulu, atau Sumatra Selatan. Sesuai dengan namanya, bunga ini ditemukan oleh orang yang bernama Sir Thomas Stamford Raffles. Sekarang jumlah populasi bunga yang satu ini semakin hari semakin berkurang dan bahkan terancam punah.

Bunga Anggrek Hartinah

Bunga yang satu ini memiliki nama ilmiah Cymbidium Hartinahianum. Bentuknya sangat indah, tak heran jika banyak pengoleksi tanaman hias menjadikannya sebagai hiasan di rumah.

Bunga Anggrek Hartinah ini tumbuh di pulau Sumatra. Namun semakin bertambahnya hari bunga hartinah ini mulai sulit untuk ditemukan. Apalagi banyak manusia yang semakin hari semakin tidak peduli dengan keberadaan bunga langka ini.

Edelweiss Jawa

Tumbuhan yang satu ini banyak terdapat di gunung-gunung di Pulau Jawa. Gunung-gunung yang memiliki ketinggian antara 800 hingga 3,400 mdpl, seperti di gunung Gede, Gunung Papandayan, Gunung Rinjani hingga Bromo.

Namun kabar pilu diberitakan bahwa bunga Edelweiss Jawa yang satu ini sudah punah di kawasan Gunung Bromo.

Bunga bangkai

Bungai bangka adalah bunga langka di Indonesia yang terkenal di dunia tanaman bunga yang bisa tumbuh maksimal hingga ketinggian mencapai 5 meter. Diameter dari bunga ini bisa sampai 1,5 meter. Memang cukup besar.

Bunga yang satu ini bisa beradaptasi di berbagai tempat. Bahkan tempat yang sulit ditempati sekalipun. Namun kini bunga bangkai sudah sulit ditemukan di hutan alam dan terancam punah, tentu hal ini harus dijadikan evaluasi kepada masyarakat Indonesia.

Anggrek Hitam

Anggrek Hitam adalah bunga yang memiliki nama latin Coelogyne pandurata yang merupakan bunga berasal dari Papua dan Kalimantan. Namun, pada dasarnya, Anggrek yang berasal dari kedua daerah itu juga memiliki perbedaan.

Anggrek Hitam Kalimantan memiliki kelopak berwarna hijau dengan putiknya berwarna hitam legam. Sementara berbeda dengan Anggrek Hitam Papua bagian putihnya berwarna cerah, jadi ada perbedaan besar dari bunga ini karena beda asal wilayah.

***

Nah, itulah 5 bunga paling langka yang ada di dunia versi Alicia Florist yang harus kamu tahu. Dari bunga-bunga yang telah disebutkan diatas selain memiliki keunikan juga merupakan bunga yang dilindungi dunia. Sebagian besar ada di wilayah Indonesia, karena memang Indonesia adalah wilayah dengan ragam kekayaan hayati yang patut disyukuri.

Baca juga: https://www.banjarmasin.aliciaflorist.com/