Bunga Segar Banyak Pesaingnya ? Tenang, Masih Ada Bunga Plastik dan Bunga Kering !

Bunga Segar Banyak Pesaingnya ? Tenang, Masih Ada Bunga Plastik dan Bunga Kering !

Bunga Segar

Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis di bidang tanaman hias, bunga bisa dijadikan pilihannya. Bunga kerap dibutuhkan oleh hotel, restaurant, perusahaan, kampus, dan lainnya untuk menghiasi acara  -acara tertentu sehingga permintaannya bisa cukup tinggi.

Tak hanya itu, bunga juga menjadi incaran ibu rumah tangga karena tampilannya cantik dan berwarna – warni. Selain itu, bunga juga disukai karena tidak sekadar mempercantik ruangan, tetapi juga bisa membantu menyegarkan udara lewat aroma harumnya yang menggoda.  

Sayangnya, sudah banyak florist yang menjual bunga segar. Sehingga, akan sulit bagi Anda untuk memenangkan persaingan di tengah geliat pasar bunga segar yang amat menjamur. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih bunga plastik dan bunga kering untuk dijual.  

Bunga plastik dan bunga kering bisa dijadikan opsi karena kedua produk ini masih jarang dijual di pasaran. Bunga plastik biasanya dijual di tempat – tempat tertentu saja, seperti pusat kerajinan, atau sejenisnya. Tak jauh berbeda, bunga kering juga jarang dijual di toko bunga sehingga peluang untuk memimpin pasar jauh lebih besar. Sebab, toko yang menyediakan kedua produk ini masih sedikit.

Bunga Plastik

Bunga plastik atau bunga imitasi biasanya dibuat mirip seperti bunga asli. Bedanya, bunga segar perlu dirawat setiap hari, sementara bunga imitasi tidak perlu perawatan apapun.  Sayangnya, bunga plastik tidak seperti bunga segar yang memiliki aroma harum. Bunga imitasi cenderung tidak berbau karena terbuat dari bahan plastik atau mote.

Meski memiliki kekurangan, bunga ini tetap digandrungi oleh para konsumen karena menawarkan kepraktisan. Adapun jika kotor, bunga plastik bisa langsung dibersihkan dengan cara diusap menggunakan lap basah atau direndam menggunakan air deterjen.  Cara simple ini akan langsung mengembalikan warna cerah bunga plastik seperti sedia kala.

Bunga plastik bisa diletakkan dimana saja, mulai dari halaman rumah, bagian dalam rumah, hingga kamar mandi. Tetapi bunga plastik biasanya digunakan di ruang tamu sebagai penghias interior. Anda juga tidak perlu memikirkan intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan, sebab bunga ini bisa diletakkan di ruangan yang terang maupun minim cahaya.  

Harga bunga plastik biasanya lebih murah dibandingkan bunga segar. Kisarannya mulai dari Rp. 10 ribu hingga Rp. 50 ribu per pot. Referensi harga tersebut bisa Anda adopsi untuk bisnis florist Anda.

Bunga Kering

Berbeda dari bunga tiruan yang terbuat dari bahan plastik atau kertas, bunga kering merupakan bunga asli yang layu secara alami atau diawetkan.  Bunga ini biasanya diminati oleh kaum hawa karena memiliki tampilan yang dramatis sekaligus estetik. Bunga ini dibuat dengan cara membiarkan bunga segar terpapar udara bebas selama beberapa minggu.

Pertama – tama, petiklah bunga segar lalu diamkan di atas meja dan tunggu selama beberapa jam. Setelah kering, bunga harus dipilah – pilah untuk membedakan mana bunga kering yang bagus dan mana yang kurang bagus. Setelah itu, bersihkan tiap daun dari tangkainya dengan cara dipetik satu per satu. Lalu, simpanlah bunga tersebut di tempat yang gelap, kering dan hangat untuk mencegah pemudaran warna secara masif.

Jenis bunga yang cocok dikeringkan diantaranya ialah strawflower, hydrangea, peony, levender, dolphin, dan lain sebagainya. Waktu yang dibutuhkan untuk memperoleh hasil pengeringan yang baik ialah 4 hingga 5 minggu. Pengeringan yang baik biasanya ditandai dengan kondisi kelopak yang kesat / kering ketika disentuh.

Baca juga: Florist Pontianak

Tinggalkan komentar