5 Jenis Bisnis Yang Dapat Dimulai Dengan Sedikit Modal

5 Jenis Bisnis Yang Dapat Dimulai Dengan Sedikit Modal

5 Jenis Bisnis Yang Dapat Dimulai Dengan Sedikit Modal 1

Salah satu kendala dalam memulai bisnis yang dihadapi oleh banyak orang adalah modal. Padahal jika kita jeli menangkap peluang, banyak juga pilihan usaha yang bisa dilakukan tanpa modal.

Semakin berkembangnya zaman dan kemudahan akses internet usaha pun kini bisa dilakukan dengan mudah. Asalkan dilakukan dengan serius dan penuh ketekunan, bukan tidak mungkin usaha yang minim modal akan mendatangkan keuntungan yang berkali lipat.

Berikut ini beberapa peluang usaha yang bisa anda lakukan dengan minim modal bahkan bisa tanpa modal sama sekali. Diantaranya yaitu:

1. Makelar Properti

Dulunya menjadi makelar rumah harus melakukan survei terlebih dahulu. Sekarang pekerjaan ini bahkan bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah.

Dengan adanya internet anda cukup menghubungi pemilik properti dan tinggal minta foto serta keterangan propertinya.

Kemudian pasarkan lah melalui forum atau media sosial dengan kata-kata yang menarik atau istilahnya copywriting.

Memulai bisnis ini anda hanya perlu membangun relasi ke kontraktor atau penyedia properti untuk mendapatkan informasi properti. Selain itu siapkanlah koneksi internet untuk mencari target konsumen anda.

2. Membuka Les Privat Rumahan

Rutinitas orang tua yang padat membuat anak-anak susah mendapatkan bantuan belajar sewaktu di rumah. Padahal mata pelajaran sekolah semakin hari semakin meningkat tingkat kesulitannya.

Bagi anda yang mahir dalam salah satu bidang pelajaran, entah itu bahasa, matematika, ilmu alam, dan lainnya. Anda bisa menjadikan rumah yang ditinggali menjadi sebuah tempat les privat atau bimbingan belajar.

Peralatan yang disediakan pun cukup mudah dan terjangkau, seperti papan tulis, buku, dan alat tulis. Selain itu jangan lupa untuk mempromosikan-nya kepada kerabat atau tetangga sekitar.

3. Grosir Sembako Online

Kemudahan teknologi terkadang membuat orang cukup malas, bahkan untuk sekedar belanja sembako. Untuk memanfaatkan perubahan perilaku konsumen tersebut, anda dapat menjadikannya sebagai sebuah peluang.

Sebagai kebutuhan sehari-hari, sembako tentunya akan selalu dibutuhkan. Anda pun kini dapat memasarkannya via online. Ajaklah kerjasama dengan distributor atau agen sembako konvensional.

Tawarkan lah kontrak kerjasama atau bagi hasil dengan anda sebagai agen pemasaran produk-produk mereka.

Gunakan lah media sosial atau market place ternama yang ada di Indonesia agar lebih mudah dalam menjangkau konsumen yang tepat.

4. Penulis Lepas

Bagi anda yang memiliki ketertarikan di bidang tulis menulis, manfaatkan lah pekerjaan penulis lepas. Ada banyak pilihan sebagai penulis lepas, entah itu untuk menulis artikel, berita, copywriter, ghostwriter, dan lain sebagainya.

Apalagi jika anda dapat menulis pada media luar negeri, bayaran yang anda dapatkan pun tentunya akan lebih banyak sebab biasanya dibayar menggunakan dollar.

Gunakan lah aplikasi pekerja lepas atau freelance ternama dan buatlah penawaran yang menarik agar cepat dalam mendapatkan proyek atau pekerjaan yang tepat dan menguntungkan.

5. Budidaya Pakan Burung

Bisnis budidaya hewan memang sedang cukup ramai dibicarakan akhir-akhir ini. Karena terbilang cukup mudah sehingga orang cenderung ingin mencobanya. Selain beternak hewan-nya, kita pun dapat mengembangkan bisnis yang berhubungan dengan hewan tersebut.

Hobi burung kicau memang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat. Dari lingkup desa hingga kota, burung kicau memang selalu ada peminatnya.

Maka dari itu kebutuhan akan pakan burung kicau tentu akan selalu dibutuhkan. Nah, melihat potensi ini anda dapat memulai membudidayakan pakan seperti jangkrik, kroto, atau cacing.

Beternak hewan yang difungsikan sebagai pakan membutuhkan modal yang lebih sedikit dan biaya perawatannya pun terjangkau.

Anda dapat memanfaatkan barang-barang di rumah sebagai media budidayanya. Selain itu makanannya pun dapat dicari dengan mudah dan murah.

Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, budidaya pakan burung pun ternyata bisa sangat menguntungkan. Nah, untuk panduan berbudidaya yang lengkap, anda bisa lihat di sini.

Tinggalkan komentar