Cara Bikin CV untuk Pekerjaan di Bidang Business Development

Cara Bikin CV untuk Pekerjaan di Bidang Business Development

Ketika akan melamar pekerjaan, CV adalah salah satu berkas yang wajib dibawa. Membuat CV tidak boleh sembarangan karena dapat mempengaruhi penilaian HRD. Oleh karena itulah, penting  untuk memperhatikan cara bikin CV yang benar agar dapat meminimalisir kesalahan.

 

Tips Cara Bikin CV untuk Pekerjaan di Bidang Business Development

Cara Bikin CV untuk Pekerjaan di Bidang Business Development

Setiap bidang pekerjaan tentu ada beberapa hal membuatnya berbeda dalam hal cara bikin CV nya. Apalagi jika ingin berkarir di bidang business development yang terkenal kompetitif dalam proses lamarannya. Berikut tipsnya agar CV Anda menarik perhatian HRD.

1. Mencantumkan Skill yang Relevan

Cara bikin CV untuk business development yang pertama adalah dengan mencantumkan skill relevan. Hal ini dilakukan agar dapat untuk dapat menarik perhatian HRD. Tim rekrutmen tentu jauh lebih memilih kandidat dengan skill relevan karena tidak perlu banyak mendampingi.

Pastikan untuk mencantumkan keterampilan berhubungan dengan posisi yang dilamar. Walaupun setiap divisi biasanya berbeda, ada beberapa skill umum wajib dimiliki, seperti networking, komunikasi, analisis data, negosiasi, dan kemampuan dalam mengoperasikan media sosial.

2. Mengutarakan Tujuan dari Karir

Setelah menyampaikan keterampilan yang dimiliki, selanjutnya harus dapat mengutarakan tujuan karir melalui pengalaman kerja di CV. Pastikan untuk menjelaskan mengenai riwayat pekerjaan secara singkat, padat, jelas, namun dapat mudah dipahami.

Penulisan pengalaman kerja yang baik adalah yang terperinci seperti nama perusahaan, jabatan, periode waktu, dan job description. Semua ini bertujuan agar tim rekrutmen mendapatkan gambaran mengenai pengalaman dan bisa mempertimbangkan potensi kandidat.

3. Mencantumkan Pengalaman yang Relevan

Dalam menulis pengalaman di CV memang harus terperinci walau singkat, jelas, dan padat. Namun, hal paling penting lainnya adalah mencantumkan pengalaman yang relevan. Sebab, HRD hanya meluangkan sedikit waktu untuk membaca Cv dan berfokus pada skill dan pengalaman.

Tentunya jauh lebih tepat jika menuliskan pengalaman kerja yang relevan. Pengalaman dalam berorganisasi juga bagus untuk dicantumkan. Tentunya yang berhubungan dengan posisi kerja, seperti magang di posisi terkait.

 

Nah, itulah beberapa cara bikin CV menarik untuk berkarir bidang business development. Semoga bermanfaat dan dapat membantu dalam penyusunan CV. Good Luck.