Serunya Berlibur ke Objek Wisata Terhits Kota Tenggarong, Pulau Kumala

Serunya Berlibur ke Objek Wisata Terhits Kota Tenggarong, Pulau Kumala

Serunya Berlibur ke Objek Wisata Terhits Kota Tenggarong, Pulau Kumala 1

 

Salah satu destinasi wisata Kalimantan Timur yang kini menjadi objek wisata terhits di Kaltim ialah Pulau Kumala. Pulau ini  terletak di kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki keunikan yaitu bentuknya mirip seperti perahu, ditambah letaknya yang berada di tengah-tengah sungai Mahakam.

Tempat ini awalnya dihuni oleh ratusan jenis bekantan jenis Nasalis Larvatus dan bermacam-macam jenis reptil liar. Namun, pada tahun 2002 pulau ini disulap menjadi pulau wisata oleh bupati Syaukani HR. Peresmian pembukaan wisata Pulau Kumala saat itu bertepatan dengan diadakannya Festival Erau.

Fasilitas dan wahana permainan yang ada di Pulau Kumala

Ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan disni,yaitu dengan menikmati aneka fasilitas dan wahana permainannya.

Arena bermain

Pulau Kumala dilengkapi banyak wahana permainan yang seru, sehingga pulau ini cocok banget dijadikan wisata keluarga. ada wahana boomper ar, Lamin Mancong, komedi putar, lamin wahau, dan masih banyak lagi.

 

Menjelajahi pulau

Jika kamu sudah berada di Pulau Kumala, kegiatan yang nggak boleh kamu lewatkan yaitu jalan-jalan berkeliling pulau. Jangan khawatir akan lelah, karena disini disediakan mobil wisata dengan tariff 3.000-4.000 rupiah per orangnya. Jadi kamu tinggal duduk santai saja deh! disini juga ada tempat penyewaan sepeda dimana kamu bisa berkeliling pulau menaiki sepeda.

 

Menikmati pemandangan alam sekitar

Setiap wisata pasti memiliki keindahan yang membuat siapa saja yang melihatnya terpesona. Di Pulau Kumala, kamu bisa merasakan semilir angin di pinggir pulau sambil melihat pemandangan alam sekitar. Nah jika kamu merasa belum puas, kamu bisa menaiki sebuah menara yang bernama Sky Tower. Dengan tinggi bangunan 78 meter, saat berada di puncaknya kamu akan disuguhkan dengan keindahan Pulau Kumala serta kota Tenggarong yang indah.

 

Wisata kuliner

Setelah lelah berkeliling, di tempat ini terdapat aneka kuliner yang bisa kamu cicipi. Mulai dari bakso, nasi rames, serta berbagai jajanan dan minuman lainnya.

Berbelanja

Di kawasan Pulau Kumala, terdapat toko-toko yang menjual aneka baju, dan souvernir khas Kalimantan Timur. Cocok banget deh dijadikan oleh-oleh!

 

Akses menuju Pulau Kumala

Jika dari kota Samarinda, perjalanan ditempuh dengan jarak 27 km, yang hanya memakan waktu sekitar 45 menit an. Sedangkan jika berangkat dari kota Balikpapan, perjalanan akan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Nah itu dia infromasi mengenai wisata Pulau Kumala. Semoga Pulau Kumala bisa kamu jadikan referensi liburanmu nanti! jangan lupa kunjungi blog wisata asyik ya.

Tinggalkan komentar