Pengertian HRIS dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Suatu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas kerja pastinya perlu didukung dengan tenaga yang andal. Untuk mengelola tenaga karyawan dengan baik, perusahaan membutuhkan suatu sistem informasi sumber daya manusia yakni dengan mengimplementasikan HRIS pada perusahaan. Apa itu HRIS dan manfaatnya? Mari kita simak pembahasannya sebagai berikut ini.

Apa itu HRIS?

HRIS atau Human Resources Information System adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengelola informasi seputar kegiatan sumber daya manusia di dalam perusahaan. HRIS sendiri memiliki peran yang sangat penting bagi produktivitas perusahaan.

Mulai dari pembagian jobdesk, penggajian, perekrutan tenaga baru, ataupun hal lainnya yang berhubungan dengan pengelolaan karyawan. Jika sistem pengelolaan sumber daya manusia dapat diatur dengan terstruktur, maka banyak keuntungan yang akan diterima perusahaan dan juga para karyawannya.

Manfaat HRIS bagi perusahaan

HRIS dalam kinerja perusahaan memang memiliki sisi positif yang sangat menguntungkan perusahaan. Berbagai manfaat dapat dirasakan baik perusahaan maupun para karyawannya apabila sistem HRIS dapat terimplementasi dengan baik. Untuk itu, mari kita simak manfaat HRIS bagi perusahaan.

Pengertian HRIS dan manfaatnya

Proses pencatatan pekerjaan dapat diatur secara otomatis

HRIS dirancang sebagai sistem yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pekerjaan. Jika suatu pekerjaan yang dilakukan oleh para karyawan memiliki sifat yang berulang-ulang, maka sistem HRIS dapat mengelolanya secara otomatis tanpa si karyawan menginput manual kembali.

Menghemat biaya pada unit bagian personalia

Sistem informasi pengelolaan sumber daya manusia yang dikelola secara manual membutuhkan lebih banyak biaya operasional seperti kebutuhan perlengkapan kantor yang berupa kertas, tinta cetak dan lain-lain. Sehingga penggunaan software HRIS akan lebih menghemat biaya operasional oleh unit personalia perusahaan.

Perekrutan karyawan baru lebih mudah

Kebutuhan perekrutan tenaga baru biasanya telah diperhitungkan dengan matang oleh perusahaan. Hal tersebut karena tiap-tiap bagian kerja di suatu perusahaan telah termonitor oleh sistem. Sehingga personalia akan mengetahui kapan karyawan baru dibutuhkan untuk ditempatkan di bagian yang mana.

Mengurangi risiko human error 

Human error memang menjadi risiko yang tidak dapat dihindari dalam proses pengelolaan sumber daya manusia. Namun risiko tersebut dapat diminimalisir dengan menggunakan sistem HRIS yang biasanya didukung dengan aplikasi perangkat lunak.

Dengan demikian, perusahaan Anda pastinya membutuhkan HRIS Software untuk mendukung pekerjaan HRD agar lebih mudah memanajemen perusahaan menjadi lebih baik.

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai apa itu HRIS dan manfaatnya bagi perusahaan. Penggunaan HRIS memang menjadi sistem yang wajib diterapkan bagi seluruh perusahaan. Hal tersebut akan lebih mudah jika pengelolaannya juga menggunakan software khusus HRIS.