Perbedaan Dofollow dan Nofollow Link, serta Cara Membuat Link Dofollow di WordPress

Nofollow merupakan HTML yang memiliki tugas dalam memberikan kode kepada mesin pencarian dan google untuk mengabaikan perintah SEO pada suatu tautan yang tersedia. Maka HTML nofollow akan membuat google tidak dapat mengikuti  URL maupun link yang disematkan. Like nofollow kadang kala digunakan untuk link yang yang memiliki sifat buruk. Contohnya domain mempunyai rate yang buruk dan link membuat spam yang biasanya terdapat pada kolom komentar. 

Dofollow sangatlah berbeda dengan Nofollow, tetapi dofollow akan memberikan sinyal sehingga google akan mengikuti link yang sudah disediakan. Link dofollow juga bersifat default atau tidak perlu melakukan konfigurasi lagi terhadap link. Oleh karena itu google akan otomatis mengikuti link yang telah disematkan pada artikel di halaman web. Biasanya link dofollow disematkan pada kata kunci kata yang telah ditargetkan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan nilai SEO suatu konten yang telah dibagikan. 

Maka kamu dapat melakukan pengecekan secara manual apakah link tersebut merupakan link nofollow ataupun link dofollow. Dengan cara melihat pada baris kode yang terdapat pada link dofollow dan nofollow. Berikut ini contoh dari penulisan dofollow :

href=”https://www.karsanusantara.com/”>Ka Nusantara. 

Link dofollow akan membantu SEO sehingga memiliki power yang kuat serta dapat memberikan dukungan terhadap domain lain. Hal ini tentunya tidak hanya memberi keuntungan, tetapi pemilik domain yang telah menuliskan link domain lain juga dapat mengalami peningkatan. Berikut ini contoh penulisan link nofollow:

href=”https://www.karsanusantara.com/” 

ref=”nofollow”>Karsa Nusantara

Maka kamu dapat melihat perbedaan antara link dofollow dan link nofollow. Secara tidak langsung semua link adalah tipe dari link dofollow, untuk mengubahnya menjadi link nofollow yaitu dengan menambahkan variabel ref=”nofollow”. Variabel ref=”nofollow” memiliki fungsi untuk menegaskan Google Bot agar tidak melakukan pencatatan link atau crawl yang telah dicantumkan. Tetapi jika pengunjung melakukan klik pada link maka tetap diarahkan pada situs yang menjadi tujuan. 

 

Link Dofollow

Kelebihan Dofollow 

1. Link yang ada pada website dapat menjadi blacklink 

2. Rank dari website tersebut akan naik, karena peningkatan pengunjung melalui peringkat search engine yang baik. 

Kekurangan Dofollow 

1. Banyaknya komentar spam yang masuk pada komentar ataupun komentar yang tidak sesuai dengan pembahasan yang sedang dibicarakan. 

2. Terlalu banyak link dapat membuat google menjatuhkan sanksi pada website.

 

Link Nofollow 

Kelebihan Nofollow 

1. Menjaga kualitas SEO dalam search engine

2. Meminimalisir spam komentar 

3. Link menjadi lebih stabil sehingga google akan mudah ketika mengikutinya. 

Kekurangan Nofollow 

1. Tidak dapat mempengaruhi nilai SEO bagi link yang menjadi tujuan. 

 

Banyak sekali dari pengelola atau pembuat website memanfaatkan dofollow dan nofollow dalam membangun konten website mereka. Tujuannya tidak lain yaitu untuk meningkatkan nilai SEO, mempermudah pencarian pengunjung dan Google Bot yang akan melakukan crawling. 

Membuat link nofollow pada semua komentar 

Banyaknya komentar spam yang masuk pada komentar ataupun komentar yang tidak sesuai dengan topik yang sedang dibahas, tentunya sangat mengganggu. Maka sebaiknya atur link yang berada pada kolom komentar menjadi nofollow. Jika kamu ingin mengaturnya secara otomatis ke seluruh link yang berada pada blog komentar maka akses “setting > Nofollow” pada wordpress bagian dashboard. 

Membuat rel nofollow dan link dofollow memanglah sangatlah penting, karena link tersebut akan berguna dalam memerangi spam yang kadangkala merugikan website Bahkan dengan menggunakan link dofollow dan link nofollow dengan tepat maka akan meningkatkan nilai SEO dari website tersebut. 

 

Demikian artikel kali ini mengenai Perbedaan Dofollow & Nofollow Link, dan cara membuat link dofollow pada wordpress. Kamu dapat menggunakan Jasa Backlink PBN dalam membuat artikel. Jasa Backlink PBN akan membantu dalam pembuatan artikel yang akan ditangani oleh bidang yang telah berpengalaman dan profesional. Jika masih memiliki komentar terkait artikel tersebut dapat ditanyakan pada kolom komentar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.