Penyebab Pengajuan KPR Ditolak

Permohonan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR biasanya akan melewati beberapa proses yang membutuhkan waktu beberapa hari persetujuan. Pemohon harus mengajukan persyaratan, melakukan wawancara dan survey bank. Jika pada akhirnya pengajuan KPR ditolak, maka ada beberapa penyebab yang dilalui dari proses seleksi tersebut. Berikut ini beberapa penyebab pengajuan KPR ditolak oleh pihak bank.

Apa Itu Rumah Subsidi

Rumah subsidi yaitu program pemerintah yang bekerjasama dengan bank dalam upaya penyaluran subsidi melalui produk KPR. Program ini ditujukan untuk masyarakat yang kondisi finansialnya masih rendah. Karena pada dasarnya, pemberian subsidi ini akan menghasilkan biaya pembelian rumah yang murah, walaupun hanya beberapa tipe rumah yang ditawarkan.

Manfaat Rumah Subsidi

Dalam mengajukan KPR subsidi, masyarakat akan memperoleh manfaat yang berguna bagi kehidupannya. Proses pembayaran akan lebih ringan dengan bantuan subsidi tersebut. Rumah yang dibeli juga bisa direnovasi jika sudah menginjak lebih dari 5 atau 20 tahun.

Keuntungan

Keuntungan yang diperoleh masyarakat, yakni bisa mendapatkan rumah dengan harga yang terjangkau, pengambilan jangka waktu angsuran hingga 25 tahun, dan bebas biaya pajak. Pemilihan developer terpercaya juga akan mempercepat proses pembangunan rumah subsidi agar bisa segera ditempati.

Persyaratan

Syarat yang ditetapkan untuk mengajukan kredit rumah subsidi yakni pemohon adalah WNI asli dan tinggal di Indonesia. Batas usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun. Memiliki KTP, KK, NPWP dan SPT. Berpenghasilan sekitar 4 hingga 8 juta rupiah perbulannya. Belum pernah ikut program pembelian KPR subsidi.

Penyebab Pengajuan KPR ditolak

Beberapa penyebab pengajuan KPR ditolak dimulai dari pemohon yang namanya telah di blacklist oleh BI. Penyebab lainnya, si pemohon dalam mengajukan KPR berada di usia yang kurang atau melebihi ketentuan yang disyaratkan. Penghasilan pemohon masih dibawah batas minimal dan tidak mencukupi.

Penyebab Pengajuan KPR Ditolak

Pekerjaan pemohon tidak sesuai dengan syarat bank. Adapun masa kerjanya masih dibawah minimal syarat pengajuan KPR. Selain itu, lokasi pemilihan rumah yang tidak strategis serta terlalu dekat dengan rumah ibadah. Dokumen yang disediakan kurang, DP yang diserhakan juga masih kurang.

 

Penutup

Demikian pembahasan mengenai penyebab pengajuan KPR ditolak oleh bank. Jika proses pengajuan tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan, maka pengajuan KPR dijamin akan ditolak bank. Maka sebelum mengajukan, pemohon harus memastikan kualifikasi, kelengkapan dokumen dan persiapan informasi yang dimilikinya agar proses ACC cepat terlaksana.

Sumber Website : https://rumahsubsidicikarang.com