4 Tips Pilih Jalur Karier Sebagai Lulusan Psikologi

Ingin cari kerja setelah lulus jurusan psikologi? Mari bahasan 4 tips cari karier yang sangat membantu pada artikel berikut ini:

Mulai dari Interest dan Passion

Saat memilih jalur karier, Anda lebih baik pilih berdasarkan interest dan passion. Pekerjaan yang didasari kedua hal tersebut akan lebih baik dijalani daripada yang terpaksa diambil. Memang secara umum, kesuksesan tidak hanya di dapat dari dua hal tersebut. Tapi jalur karier dengan dasar ketertarikan bisa lebih mudah mendatangkan kebahagiaan.

Contoh saja sebagai lulusan psikologi terbaik, Anda bisa buka praktek layanan terapi mandiri. Tapi jika passion Anda ada pada bisnis dagang, mengapa tidak coba masuk ke situ? Anda bisa coba aplikasikan pengetahuan psikologi Anda untuk kebutuhan marketing dan pemasaran. Hal ini tentu bisa jadi opsi yang menarik ditekuni.

Cari Jalur Niche yang Banyak Tawarkan Kesempatan

Karena masyarakat sekarang lebih kreatif soal bisnis baru, Anda bisa coba buka dan cari jalur karier niche yang memiliki prospek. Contoh saja layanan kursus online untuk pembentukan diri. Jika dulu, motivator hanya memberikan konsultasi di TV ataupun seminar. Sekarang Anda bisa jadi motivator secara online.

Prospek ini tentu terbuka dan bisa berkembang ke depannya. Contoh saja memberikan kelas pelatihan disiplin dan menjaga motivasi. Kursus seperti ini terkesan niche, tapi pasti banyak orang yang mencari. Mengubah kebiasaan menjadi produktif adalah topic yang gencar dibahas dan banyak orang cari.

Berpikir Kreatif dalam Aplikasikan Kemampuan

Untuk bisa pilih jalur karier yang fleksibel, Anda harus berpikir kreatif tentang aplikasi kemampuan Anda. Lulusan psikologi dipandang hanya bisa hadapi masalah mental sebagai terapis. Tapi hal ini tidak benar. Banyak aspek dalam karier yang membutuhkan pengetahuan tentang psikis seseorang.

Contoh saja dalam kepolisian, Saat investigasi masalah kriminal, Anda tentu butuh interogasi dan mengumpulkan informasi yang solid. Anda bisa coba beberapa teknik manipulasi untuk membuat interogasi lebih lancar. Anda juga bisa tahu profil kriminal dan membantu mencari petunjuk dari situ.

Selama aplikasinya kreatif, Anda bisa bekerja di banyak bidang. Tentu hal ini juga tergantung dari kemampuan Anda. Bagi yang lebih ahli dalam riset soal psikologi, Anda bisa jadi karyawan di bagian R&D perusahaan. Membuat produk terkadang harus disertai aspek psikologi.

Contoh saja memikirkan kemasan. Pilihan warna dan tag line produk bisa dipertimbangkan secara psikologi. Tergantung bagaimana Anda menarget konsumen tertentu, tampilan ini bisa disesuaikan. Hal inilah yang membuat beberapa produk pasti memiliki tampilan unik untuk ditargetkan pada pasar tertentu.

Tidak Harus Paksakan Ikuti Jalur Study

Banyak orang terlalu sempit membayangkan jalur karier setelah lulus studi tertentu. Hal inilah yang buat banyak lulusan psikologis yang terkadang bingung soal jalur karier. Anda tidak harus memaksakan diri ambil jalur karier sesuai ijazah Anda.

Banyak pilihan kerja yang bisa dilakukan dengan integrasi pengetahuan psikologi. Selama Anda berurusan dengan manusia dan hal sosial, psikologi bisa mengambil peran. Contoh saja di perkantoran. Anda bisa ambil posisi HRD, marketing dan PR.

Anda juga bisa kerja di industri kreatif sebagai pembuat film jika ingin. Film horor yang dibuat berdasarkan teori ketakutan manusia pasti terasa lebih mencekam. Tergantung aplikasinya, Anda bisa kerja di banyak bidang dan tidak harus seputar kesehatan mental.

Bagaimana menurut Anda sekalian tentang tips di atas? Semua jalur karier bisa diambil oleh lulusan psikologi yang memang memiliki motivasi kerja. Jalur kerja biasanya hanya melihat usaha dan kemampuan Anda. Karena itu pastikan menumpuk ilmu di tempat yang baik.

Kuliah psikologi di tempat berfasilitas lengkap, pengajar bagus dan juga kurikulum modern pasti lebih baik. Selama bisa penuhi hal itu, tips cari karier lulusan psikologi di atas akan makin efektif digunakan! Selamat cari kerja!