Tips Memilih Sabun yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Tidak sedikit yang menghiraukan pemilihan sabun untuk jenis kulit yang sesuai. Padahal metode ini perlu dilakukan agar kondisi kulit tidak bertambah buruk. Karenanya Anda perlu mengenali sabun yang sesuai dengan jenis kulit sendiri.

Tips Pilih Sabun Sesuai Jenis Kulit

Tentunya setiap orang cenderung memiliki kondisi atau jenis kulit yang berbeda beda. Kulit kering, sensitif dan kombinasi jadi tiga jenis kulit yang paling banyak dimiliki. Berikut tips memilih sabun yang sesuai dengan jenis kulit.

jenis kulit

Kulit Kering

Bagi Anda yang memiliki kulit kering maka akan sangat baik bila menggunakan sabun dengan formulasi melembapkan. Tanpa disadari kotoran dari luar lebih mudah menempel pada permukaan kulit yang kering.

Untuk mengakalinya formula sabun haruslah lembut dan sebisa mungkin hindari bahan kimia berlebih seperti alkohol maupun parfum di dalamnya. Sebagai opsi, Anda bisa menggunakan sabun orange yang tidak hanya melembabkan tapi juga memiliki wangi alami yang aman bagi kulit kering.

Kulit Sensitif

Kulit sensitif biasanya identik dengan iritasi atau alergi. Kedua masalah tersebut bisa datang bila salah menggunakan produk kulit. Maka sebaiknya pemilik kulit jenis ini menggunakan sabun dengan formulasi khusus kulit sensitif.

Gunakan sabun dengan kadar pH yang netral atau seimbang dan tidak menggunakan parfum di dalamnya. Hindari juga sabun yang mengandung zat iritatif seperti odor atau antibakteri berlebih untuk penggunaan yang lebih aman.

Kulit Kombinasi

Terakhir, kulit kombinasi yang merupakan perpaduan jenis kulit sensitif dan kering atau perpaduan kondisi lainnya perlu jenis sabun khusus. Biasanya penggunaan produk bisa lebih dari satu mengingat kondisi kulit yang beragam.

Penggunaan bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Pada bagian kering maka baiknya Anda menggunakan produk sabun dengan kandungan melembabkan. Sedangkan bagian sensitif gunakan sabun dengan formulasi khusus. 

Penggunaan jenis sabun bisa disesuaikan dengan jenis kulit. Ini dilakukan agar penggunaan produk nyaman dalam jangka waktu panjang. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk berkonsultasi terlebih dulu pada ahli untuk memilih produk dengan kandungan yang tepat.