Tak Sekadar Cantik, Fungsi Kulit Ternyata Sangat Penting

Kulit merupakan bagian tubuh manusia yang berada di bagian terluar. Meski sekilas hanya tampak seperti lembaran biasa, ternyata kulit terdiri dari beberapa komponen. Tak hanya air, tetapi juga termasuk lemak, protein, senyawa kimia, dan beberapa jenis mineral. 

Di samping itu, kulit ternyata juga mempunyai 3 lapisan utama, yakni epidermis, dermis, serta hipodermis. Epidermis ialah lapisan terluar, dermis berperan sebagai tempat pelekatan pembuluh darah dan lain-lain, sementara hipodermis menjadi rumah kelenjar keringat dan sel. 

sabun susu

Fungsi Kulit pada Tubuh Manusia

Dari penjabaran diatas bisa disimpulkan, bahwa menjaga kesehatan kulit sangatlah penting. Bukan hanya untuk tampil cantik, tetapi juga menjaga agar fungsinya tidak terganggu. Lantas, apa saja fungsi kulit bagi tubuh manusia?

Organ Regulasi

Fungsi regulasi artinya tempat untuk mengatur aspek-aspek fisiologis. Salah satunya yakni mengatur suhu tubuh, akibat perubahan cuaca di sekitar dengan cara mengeluarkan keringat. Itulah kenapa suhu tubuh Anda bisa tetap normal, meski cuaca sering tidak bersahabat.  

Pelindung Tubuh

Di dunia luar, ada banyak hal yang bisa mencelakai tubuh, seperti perubahan suhu, radiasi, tekanan mekanis, bahan kimia, dan lain-lain. Oleh karena itu, tubuh butuh kulit untuk membatasi organ dalam dengan ancaman-ancaman tersebut. 

Indra Peraba

Manusia mempunyai lima indra, salah satunya yakni kulit sebagai indra peraba. Artinya, kulit membantu manusia untuk mengenal rasa dingin, kasar, halus, panas, dan lain-lain. Aneka rasa tersebut dikirimkan oleh kulit melalui saraf-saraf perantara.

Alat Ekskresi

Di dalam tubuh manusia ada beberapa zat sampah (sisa proses metabolisme tubuh) yang harus dikeluarkan setiap hari. Selain melalui urin dan tinja, pori-pori kulit juga berperan aktif untuk mengeluarkan zat-zat tersebut.

Sintesis Vitamin D

Pori-pori kulit juga mempunyai peranan untuk menyerap vitamin D yang berasal dari sinar matahari pagi. Tak hanya itu, lapisan kulit juga membantu proses sintesis vitamin tersebut, agar siap untuk dimodifikasi lebih lanjut oleh hati dan ginjal.

 

Oleh karena itu, penting bagi Anda agar senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Salah satunya memanjakan diri dengan sabun susu Lervia. Kandungan AHA di dalamnya dipercaya mampu membantu proses regenerasi sel kulit serta menjaga kelembapan.