Kamu Wajib Tahu! 5 Efek Samping dari Penggunaan Kosmetik yang Mengandung Merkuri!

Kamu Wajib Tahu! 5 Efek Samping dari Penggunaan Kosmetik yang Mengandung Merkuri!

Kamu Wajib Tahu! 5 Efek Samping dari Penggunaan Kosmetik yang Mengandung Merkuri!

Merkuri atau biasa disebut dengan air raksa ialah salah satu jenis logam yang bisa dijumpai di sekitar kita, entah itu terkandung dalam bebatuan, biji tambang, air, tanah, udara, hingga senyawa organic dan anorganik. Namun kini banyak okunm jahat yang sengaja memanfaatkan merkuri  dalam pembuatan produk pemutih.

Produk ini bisa menghambat produksi melanin pada kulit sehingga kulit tampak lebih putih dan cerah dalam waktu sangat singkat. Meskipun begitu, penggunaan merkuri ini sangatlah berbahaya sebab akan menimbulkan beberapa efek samping yang sangat merugikanmu. Apa saja kah itu? Berikut penjelasannya.

Iritasi pada kulit

Kulit yang telah terkontaminasi merkuri bisa menjadi iritasi, dengan tanda-tanda seperti kulit terasa gatal, muncul kemerahan, serta munclnya ruam-ruam. Jika penggunan mekuri tidak segera dihentikan, bisa mengakibatkan masalah kulit yang lebih serius.

 

Kulit putih namun pucat, dan muncul flek hitam

Penggunaan merkuri pada kulit bukan malah membuat kulit nampak cerah sewajarnya, melainkan malah membuat kulit menjadi lebih putih namun terlihat pucat seperti mayat hidup. Bahkan bisa berlanjut dengan munculnya flek-flek hitam yang bisa menganggu penampilan.

 

Kerusakan pada kinerja sistem pencernaan, saraf, dan ginjal

Menggunakan merkuri dalam jangka panjang dan terus menerus bisa mengakibatkan kulit menjadi lebih tipis sehingga urat-urat pada wajah pun bisa terlihat dengan mudah. Kulit yang tipis ini sebenarnya tidak baik karena akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan seperti kerusakan pada sistem penceranaan, sistem saraf, dan fungsi ginjal.

 

Pertumbuhan janin melambat

Pengguanan merkuri pda kosmetik saat sedang hamil bisa membuat pertumbuhan janin melambat. Dan yang paling mengerikan lagi ialah kosmetik dengan kandungan merkuri bisa menyebabkan seorang ibu hamil mengalami keguguran. Untuk itu dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit, ibu hamil lebih dianjurkan menggunakan bahan-bahan alami yang telah terjamin keamanannya. Jadi tidak hanya kulit saja yang sehat, janin dalam kandungan pun jadi ikut sehat.

Terkena kanker kulit

Efek samping penggunan merkuri pada kosmetik yang paling parah ialah terkena penyakit kanker kulit. Merkuri termasuk zat yang mudah masuk ke dalam tubuh sehingga bisa mudahnya menyebarkan virus kanker ke seluruh bagian tubuh. Ngeri banget kan ya!

Nah itu dia beberapa efek samping dari penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri. Maka dari itu, gunakanlah produk-produk kosmetik yang alami atau organic saja. Sebelum memakainya, pastikan dulu apakah produk tersebut sudah aman dan tidak mengandung merkuri.  Teliti dahulu sebelum memakainya ya! Kamu bisa pakai produk trulum synergy sebagai alternatif dan solusi untuk hindari masalah diatas ya. Semoga bermanfaat ya.