Kelinci Rex: Begini Ciri-ciri dan Cara Merawatnya

Di kalangan pecinta hewan, kelinci menjadi salah satu hewan yang banyak disukai sebagai hewan peliharaan. Tidak hanya anjing dan kucing yang memiliki berbagai ras, kelinci juga demikian. Diantara jenis kelinci yang cukup populer di antara pecinta kelinci yaitu kelinci Rex dan kelinci flemish giant.

Mengenal kelinci rex, kelinci Rex merupakan jenis kelinci yang berasal dari Perancis. Kelinci ini mulai dikenal pada tahun 1919. Kelinci Rex awalnya hanyalah kelinci liar biasa yang kemudian dibudidayakan oleh seorang petani Perancis. Karena keunggulan dari kelinci inilah, jenis kelinci Rex mulai dikenal di Eropa bahkan di Negara lainnya.

Ada banyak alasan mengapa kelinci Rex menjadi pilihan untuk dijadikan kelinci peliharaan maupun untuk budidaya. Kelinci Rex ini tergolong sebagai kelinci yang dijual dengan harga terjangkau dan perawatannya yang cukup mudah. Akan tetapi meskipun begitu, kelinci ini memiliki tampilan yang cantik tampak dari bulunya yang lebat dan halus. Maka tidak heran selain hewan peliharaan, beberapa petani memang membudidayakan untuk diambil bulunya.

Bulu kelinci Rex ini disebut seperti beludru sehingga beberapa industri menginginkan bulu kelinci Rex untuk dijadikan bahan baju, jaket, jas, dan syal. Tentunya ini membuat kelinci Rex tidak hanya diburu oleh pecinta kelinci tetapi juga para peternak.

Untuk jenisnya, kelinci Rex ini ada kelinci Rex standar, kelinci Rex mini, dan yang paling mahal yaitu kelinci Rex carpet. Kelinci Rex carpet lebih mahal karena dapat dijadikan indukan, disamping juga banyak yang mengakui bahwa rasa dagingnya lezat.

Untuk mengenal kelinci rex, Anda bisa menilainya dari beberapa ciri-ciri berikut:

  1. Bulu sangat halus dan mirip beludru namun tidak cukup pendek (berbulu pendek)
  2. Memiliki bobot 1.5 hingga 2 kg untuk kelinci Rex mini dan 3.6 hingga 5 kg untuk ukuran kelinci Rex standar.
  3. Kelinci Rex memiliki telinga yang lebar dan tegak
  4. Variasi warnanya yaitu putih, hitam, biru, dan  merah. Beberapa bahkan memiliki semua kombinasi warna tersebut.

Jika Anda tertarik dengan kelinci jenis satu ini dan ingin mengenal kelinci rex, ada baiknya jika Anda memahami cara perawatannya terlebih dahulu. Cara perawatannya tidak cukup sulit. Anda cukup menempatkan kelinci Rex pada tempat yang tidak jauh dari sumber air dengan kandang yang bersuhu 21 derajat celcius. Hal ini berkaitan dengan bulu lebatnya agar mudah dirawat jika berada pada suhu tersebut.

Terpenting jauhkan dari predator yang memungkinkan memakan kelinci kesayangan Anda. Selamat mencobanya!