Cara Menanam Padi di Lahan Pertanian yang Menguntungkan

Pertanian Indonesia sebagian besar ditanami padi dengan berbagai metode. Cara perawatan yang salah seringkali membuat gagal panen, terlebih jika musim hujan. Agar bisa mendapatkan hasil berlimpah tentu memerlukan metode khusus. Lalu bagaimana cara menanam padi yang benar?

Cara Menanam Padi yang Menguntungkan

Saat bercocok tanam tentu harus memiliki metode khusus untuk menghasilkan dan tidak sampai gagal panae. Selain itu biasanya hal ini berkaitan dengan kontur tanah serta media tanamnya. Agar berhasil berikut beberapa tips jitunya:

SUMBER LENGKAP : https://berkebun.co.id/

1. Menyiapkan Lahan

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat akan menanam padi adalah menyiapkan lahan dengan tingkat kesuburan tinggi. Caranya yaitu menggenangi media tanam dengan air setinggi 5-10 cm dan biarkan sampai 2 minggu agar racun dapat netral dengan sendirinya.

2. Pemilihan Bibit Berkualitas

Pemilihan bibit di sini sebagai salah satu penentu keberhasilan dalam bercocok tanam padi di lahan Pertanian. Ciri-ciri yang memiliki kualitas unggul adalah tahan dengan hama dan penyakit, toleransi terhadap kondisi lingkungan, menghasilkan hasil berlimpah, dan sebagainya.

3. Proses Penanaman

Padi bisa ditanam jika benih sudah berusia sekitar 20 hari. ciri-cirinya yaitu tingginya 22-25 cm, batang bagian bawah besar, berdaun 5-6 helai, serta terbebas dari hama. Saat menancapkannya usahakan dengan kedalaman 2 cm agar tidak mudah lepas jika tergenang air.

4. Pemupukan

Pemupukan merupakan cara agar tanaman padi tumbuh subur, agar lebih maksimal usahakan memilih jenis yang berkualitas unggul.  Sebelumnya perkirakan kebutuhan tanaman serta ketersediaan unsur hara dalam tanah.

5. Pengendalian Hama

Penyebab gagalnya panen salah satunya adalah diserang hama dan penyakit, untuk itu harus dikendalikan dengan beberapa cara. Misalnya saja pemberian pestisida organik agar lebih ramah lingkungan dan membuat padi semakin subur, sehingga hasilnya berlimpah ruah.

Demikian pembahasan terkait cara penanaman padi di lahan Pertanian yang menguntungkan. Sebaiknya untuk penggunaan pupuk serta pestisida pilihlah yang organik agar lingkungan tetap asri dan tidak tercemar, karena saat ini sudah semakin mengkhawatirkan terutama di wilayah perkotaan.