5 Keunggulan Durian Bawor, Durian Lokal yang Wajib Anda Coba

Durian merupakan tanaman buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena memang banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. sehingga banyak petani Indonesia yang berkreasi serta mengembangkan jenis-jenis durian. Sehingga pada suatu hari terciptalah durian bawor yang berasal dari banyumas.

Kehadiran durian bawor ini menjadi salah satu berita besar bagi penggemar buah durian karena persaingan buah durian import sedang ramai. Malaysia dan Thailand yang juga memiliki jenis durian unggul seperti musang king, montong, dan duri hitam kedatangan pesaing baru. Karena buah durian bawor memang memiliki banyak sekali keunggulan pada buahnya.

Keunggulan durian bawor yang paling terlihat adalah dari ukuran buahnya yang sangat besar. Bahkan bobot durian bawor bisa mencapai 12 kg per satu buah. namun bukan hanya itu banyak keunggulan durian bawor yang lain. agar tidak penasaran biar kami sajikan beberapa keunggulan durian bawor untuk anda.

1.    Ukuran Buah Besar

Ukuran buah durian bawor sangat besar bahkan buahnya mampu mencapai bobot 12 kg, bisa anda bayangkan sendiri kira-kira sebesar apa buahnya. Ukuran besar dari buah durian bawor ini bersaing dengan ukuran buah durian montong yang terkenal akan ukuran buah yang besar dan daging buah yang tebal. Karena daging buah durian bawor juga tidak kalah besar dengan durian montong.

2.    Rasa Buah Lezat

Memang urusan rasa ini ada yang bilang relatif, tapi patokan rasa lezat untuk buah durian adalah memiliki rasa manis, legit, dan sedikit pahit. Ketika anda memakan daging buah durian bawor pada pangkal lidah anda akan menyisakan rasa pahit yang berasal dari kandungan alkohol di dalam buah durian tersebut. Rasa pahit di pangkal lidah tersebutlah yang banyak dicari pencinta buah durian nusantara. Durian musang king dan durian duri hitam juga memiliki rasa buah yang sama seperti itu.

3.    Pohon Genjah

Memiliki pohon durian dengan kecepatan berbuah yang pesat adalah menjadi ciri dari pohon durian unggul. sama seperti pohon durian bawor yang dapat berbuah dengan cepat hanya dalam kurun waktu 4-5 tahun setelah pohon ditanam. Kecepatan ini akan lebih pesat lagi jika anda menanam bibit durian bawor kaki 3 yang mampu menghasilkan buah dalam kurun waktu 3-4 tahun saja.

4.    Produktivitas Tinggi

Pohon durian bawor juga mampu menghasilkan buah banyak setiap kali panen, karena produktivitas pohonnya memang tinggi. Tingkat produktivitas tersebut bisa dilihat dari pohon durian bawor yang mampu menghasilkan buah 3 kali dalam setahun. Karena mampu tumbuh dan menghasilkan buah tanpa mengenal musim banyak petani yang tertarik untuk membudidayakan pohon durian yang satu ini.

5.    Nilai Ekonomi Tinggi

Harga durian bawor juga cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis buah durian lokal lain. Satu kilogram durian bawor dihargai sekitar 50 ribu rupiah. Sedangkan jika satu buah bisa mencapai bobot 10 kg, anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 500 ribu untuk satu buah. sedangkan dalam satu pohon pastinya tidak akan menghasilkan buah hanya satu biji saja, bisa belasan bahkan puluhan, apalagi tidak mengenal musim.

 

Sumber : https://www.bibitbuahku.com