Cara Mudah Membersihkan Karpet Berbahan Plastik dan Karet

Memakai karpet tambahan supaya lebih nyaman dan terlihat indah adalah hal umum yang banyak dilakukan oleh pemilik mobil. Karpet menjadi salah satu komponen standar interior mobil, yang fungsinya juga tidak bisa dianggap remeh. Karpet menjadi salah satu ornamen estetika di interior mobil, karena lempengan pelat pada bagian lantai interior akan terlihat jika tidak menggunakan karpet. Karpet mobil secara tidak langsung juga berfungsi untuk menunjang kenyamanan penggunanya. 

Dengan dimensi yang tebal, sehingga menimbulkan rasa nyaman dan empuk saat langsung menempelkan telapak kaki di atasnya. Karpet juga mempunyai peran dalam hal akustik interior karena karpet dasar yang terdiri dari banyak layer berfungsi untuk peredam di dalam kabin. Komponen ini sangat mustahil untuk terjaga kebersihannya, karena banyaknya aktivitas yang dilakukan di kabin. Noda yang beragam tentu menjadi ancaman besar untuk karpet, karena selain merusak penampilan, noda yang melekat pada karpet juga bisa mengundang bau bahkan potensi menghadirkan serangga. 

Oleh karena itu kamu harus rajin membersihkannya, tapi kamu harus memperhatikan dulu jenis karpet yang kamu gunakan. Karena, beda bahan karpet maka cara membersihkannya juga berbeda. Untuk artikel kali ini kita akan membahas cara membersihkan karpet berbahan plastik dan karet, untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Cara Membersihkan Karpet Plastik dan Karet

Karpet berbahan plastik dan karet, biasanya berada di atas lapisan karpet dasar. Karpet jenis ini berfungsi menjadi tameng tambahan untuk melindungi karpet dasar, dari serangan noda secara langsung. Membersihkan karpet dengan jenis ini cukup mudah, ada dua metode umum yang bisa kamu lakukan. Semuanya tergantung alokasi waktu yang ingin kamu luangkan untuk membersihkan karpetnya.

Jika kamu memiliki waktu senggang dan kondisi cuaca yang tidak mendukung, kamu bisa membersihkannya dengan cara mencucinya menggunakan sabun. Sabun yang digunakan untuk mencuci karpet plastik dan karet ini juga sangat fleksibel. Kamu bisa menggunakan sabun untuk cuci mobil, detergen, atau cairan pencuci piring. Tetapi, kamu perlu menghindari sabun cuci yang memiliki kadar kimia yang kuat, karena akan berpotensi merusak permukaan plastik atau karet. 

Berikut ini cara mencuci karpet plastik dan karet:

  1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah basahi karpet plastik atau karet yang ingin kamu bersihkan.
  2. Kemudian, lumuri dengan sabun atau cairan pembersih dan sikat perlahan hingga mengeluarkan busa.
  3. Jika terdapat noda yang membandel pada karpet seperti lumpur yang mengeras, kamu bisa menggunakan sikat kuku untuk mempermudah proses pembersihannya.
  4. Jika sudah dirasa bersih bilas dengan air bersih, kemudian jemur hingga karpet kering.

Pastikan bahwa karpet kering dengan sempurna sebelum kembali dipasang, karena air yang tersisa di bagian bawah karpet bisa menempel di karpet dasar. Hal ini bisa berpotensi menimbulkan bau yang tidak sedap pada karpet dalam jangka yang panjang. Jika proses penjemuran tidak memungkinkan, kamu juga bisa mengeringkannya dengan lap chamois. 

Cara yang kedua jika kamu tidak memiliki waktu senggang untuk membersihkan karpet. Kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan cairan all-purpose cleaner lalu dilap dengan menggunakan lap chamois atau microfiber. Cairan all-purpose cleaner ini, tidak berpotensi menimbulkan bau pada karpet jika terserap hingga ke dasar karpet.

 

Fungsi Karpet Mobil

Selain digunakan sebagai penunjang kenyamanan, dan peredam suara di kabin. Ada juga beberapa fungsi lain karpet yang digunakan di mobil diantaranya:

1. Melindungi Goresan Kerikil yang Masuk

Seringkali dalam memakai mobil, penumpang menggunakan alas kaki baik itu sepatu maupun sandal. Tanpa kamu sadari alas kaki yang kamu gunakan bisa tertempel kerikil kecil atau benda lain yang dapat menggores lantai dasar mobil. Dengan menggunakan karpet mobil, maka hal ini bisa dihindari.

2. Sebagai Pelindung

Sebagian orang seringkali masuk ke mobil sambil membawa makanan atau minuman. Tidak jarang juga ada makanan yang jatuh atau minuman yang tumpah ke mobil. Dengan adanya karpet mobil maka bisa melindungi bagian bawah mobil dari makanan atau minuman yang tumpah. 

3. Mempertahankan Nilai Jual

Beberapa orang pasti ingin mengganti atau membeli mobil baru dengan cara menukarkan/menjual mobil yang lama supaya biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Supaya harga jualnya tetap tinggi tentu mobil harus tampil mulus.Dengan adanya karpet maka bisa mengurangi lantai dasar tergores dan tetap mulus sehingga harga jual mobil tetap tinggi.

 

Demikian pembahasan mengenai cara mudah membersihkan karpet plastik dan karet. Jika cara diatas tidak memberikan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan jasa cuci karpet Makassar. Layanan ini akan membuat karpet kotormu menjadi bersih seperti baru lagi.