Sumber Untuk Mempelajari dan Menguasai Javascript

JavaScript adalah teknologi penting untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Bahasa pemrograman JavaScript juga merupakan bahasa pemrograman yang memungkinkan Anda melakukan segala macam hal keren dengan komputer Anda, seperti membuat game atau animasi, membuat tayangan slide foto, dan bahkan menghasilkan musik. Jika Anda ingin belajar JavaScript tetapi tidak tahu harus mulai dari mana, artikel ini bisa menjadi yang Anda butuhkan untuk mulai belajar Javascript, dari tutorial untuk pemula hingga topik lanjutan. Berikut adalah tempat-tempat Anda bisa belajar JavaScript dengan nyaman.

 

JavaScript Step by Step

Buku ini adalah adalah satu buku dari Microsoft Press, yang disebut JavaScript Step by Step. Buku ini dimaksudkan sebagai panduan referensi untuk membantu Anda mempelajari cara menggunakan berbagai fitur JavaScript modern. Buku ini dipecah menjadi 4 bagian dan 27 bab, dengan setiap bab berfokus pada aspek berbeda dalam menggunakan JavaScript dan mencakup berbagai topik. Satu bab didedikasikan untuk DOM, misalnya, tentang men-debug kode JavaScript, ada juga yang menggunakan ekspresi reguler dengan Javascript dan seterusnya. Buku ini akan membantu Anda menguasai teknik Javascript tingkat lanjut seperti cara menggunakan objek dan class, bekerja dengan waktu dan tanggal, dan bahkan cara menggunakan Rest API. Anda dapat menemukan buku ini di Amazon dengan harga terjangkau.

Tutorial Belajar JavaScript Nextgen

Sumber daya online ini adalah dalam bentuk tutorial belajar JavaScript dari web Nextgen. Tutorial gratis ini terdiri dari puluhan artikel yang saling terkait tentang cara membuat program dengan JavaScript. Anda akan mempelajari mulai dari topik untuk pemula seperti variabel dan tipe data, kemudian topik menengah seperti array dan terakhir topik untuk lanjutan seperti object dan class. Tutorial online ini gratis dan salah satu tutorial belajar JavaScript online yang berbahasa Indonesia terlengkap.

 

Web Learn JavaScript

Sumber daya berikutnya adalah situs web gratis bernama Learn JavaScript . Situs ini berisi tutorial tertulis yang dikategorikan berdasarkan tingkat kesulitan (pemula, menengah, dan lanjutan), sehingga bagus untuk semua tingkatan. Bagi mereka yang ingin belajar Javascript dari dasar, lihat tutorial pemula. Bagian tutorial pemula berisi delapan pelajaran berbeda tentang cara menggunakan JavaScript, di mana Anda akan mulai dengan konsep dasar seperti tipe data dalam Javascript dan meningkatkan cara Anda bekerja dengan elemen HTML dan menggunakannya untuk pemrograman sisi klien.

Bagi mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang fitur Javascript yang lebih canggih, lihat bagian tutorial menengah , yang berisi sebelas tutorial tentang cara menggunakan fitur tertentu seperti bekerja dengan array atau ekspresi reguler secara mendalam, serta mengajari Anda cara membuat permintaan AJAX dari kode JavaScript Anda. Tutorial ini sangat bagus untuk pengembang yang ingin mempelajari lebih banyak fitur lanjutan dalam Javascript dan dapat diselesaikan dalam waktu sekitar satu jam.

 

Web Head First JavaScript

Sumber ketiga adalah situs web gratis bernama Head First JavaScript Programming . Situs ini berisi tutorial tertulis yang dibagi menjadi tiga bagian berbeda, di mana masing-masing berisi sekitar 7-10 pelajaran. Situs web ini merupakan bagian dari seri yang disebut Head First, yang berisi buku dan situs web yang dirancang untuk mengajarkan Anda konsep lanjutan dengan cara yang menarik melalui penceritaan dan alat bantu visual.

Situs ini tidak berisi tutorial sebanyak sumber pertama dalam daftar di atas, tetapi masih merupakan tempat yang bagus bagi pemula untuk mempelajari dasar-dasar Javascript dan memiliki cerita kohesif yang membuat pembaca tetap bersemangat. Seri Head First sangat bagus untuk mempelajari bahasa pemrograman seperti Java atau Python, tetapi dapat diterapkan ke Javascript karena mencakup konsep inti yang sama.