dropbox

Daftar Tempat Penyimpanan Online Terbaik

Di era teknologi seperti sekarang ini, kebutuhan akan data digital semakin meningkat. Apa itu data digital ? Data digital adalah semua data baik berupa dokumen, foto, file, audio, maupun video yang tidak memiliki bentuk fisik, tetapi berbentuk virtual yang hanya dapat diakses melalui perangkat teknologi komputer maupun mobile.

Pernahkah kamu mendengar istilah Cloud Storage ? Cloud Storage adalah layanan penyimpanan data digital yang dapat diakses melalui perangkat komputer dan smartphone.

 

dropbox

Apakah layanan Cloud Storage berbayar ? Yaa.. Ada  yang berbayar, dan ada juga yang gratis.

Buat kamu yang ingin menyimpan data digital menggunakan layanan Cloud Storage, bisa menggunakan yang versi gratisan, hanya saja kapasitasnya terbatas.

Berikut beberapa layanan Cloud Storage yang paling banyak digunakan :

Google Drive

Urutan pertama adalah google drive. Google drive ini layanan milik google.com. kamu bisa menggunakan google drive dengan kapasitas sekitar 15 GB.

Setiap orang yang mendaftar akun google (akun gmail), secara otomatis juga akan mendapatkan layanan cloud storage google drive.

Inilah kelebihannya punya akun google. Cukup buat email dan otomatis mendapatkan paket akun google seperti, photos, drive, youtube, Maps, duo, dll.

Bagi pengguna smartphone android, google drive ini otomatis terpasang karena memang sudah satu paket dengan sistem operasi (OS) android. Kamu bisa buka aplikasi ini tanpa login. (syaratnya, Hpmu sudah terhubung dengan akun google).

Baca juga : cara membuat link google drive

Dropbox

Dropbox menjadi pilihan kedua setelah google drive karena setiap pendaftar bisa mendapatkan kapasitas gratis sebesar 2 GB.

Uniknya, setiap kamu mengajak teman untuk mendaftar dropbox, kamu akan mendapatkan kapasitas tambahan hingga 16 GB. Wow.. lumayan kan.. Google drive saja gratisnya hanya 15 GB.

Layanan Cloud Storage dropbox ini juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses melalui perangkat mobile. Jadi kamu gak perlu repot – repot buka komputer hanya untuk upload data digital. Cukup buka aplikasi di smartphone, dan lakukan upload data.

Hingga saat ini, Juli 2020, aplikasi dropbox telah didownload 500 juta lebih, artinya aplikasi ini sangat bermanfaat dan direkomendasikan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang aktif dalam bidang digital.

OneDrive

OneDrive ini dulunya bernama SkyDrive. OneDrive adalah layanan penyimpan data digital milik perusahaan Microsoft. Tau kan Microsoft ? itu lo.. yang punya Microsoft Office kayak word, excel, powerpoint dll..

Layanan OneDrive ada yang versi gratis dan berbayar

Untuk yang gratis, kamu bisa dapat kapasitas hingga 5 GB. Jika lebih dari itu yaa bayar. 5 GB kalau isinya hanya dokumen seperti word, excel, powerpoint, pdf dan sejenisnya, bisa diisi ribuan file lo sob..

Diantara 3 pilihan di atas, Mana yang terbaik ?

Untuk menentukan yang terbaik dari sisi kapasitas tentu yang bisa ngasih gratisan lebih besar ya.. dalam hal ini, google drive lebih unggul.

Tapi jika terbaik dari sisi fitur dan layanan, setiap pengguna punya parameter tersendiri. Jadi kamu harus mencoba dulu agar tau mana yang terbaik diantara ketiganya.

Tapi pengalaman saya sendiri. Google drivelah yang terbaik jika dilihat dari semua aspek. Baik dari segi kapasitas maupun kemudahan dalam penggunaanya.

So.. jangan bingung ya.. coba saja semuanya dulu…

Demikian informasi tentang daftar tempat penyimpanan online terbaik. Semoga bermanfaat ya..

Buat kamu yang suka baca info teknologi yuk kunjungi pediansa, disana ada banyak ilmu yang bermanfaat loh..