Tips Menghitung Biaya Membangun Rumah

Di saat kamu sedang mempersiapkan proses pembangunan rumah, banyak aspek yang harus menjadi perhatian, salah satunya adalah biaya atau anggaran membangun rumah. Menentukan anggaran pembangunan rumah begitu penting dilakukan supaya kamu tahu berapa banyak dana yang harus disiapkan.

Dana yang dibutuhkan pun biasanya tak hanya terbatas pada pembelian material saja, tetapi juga berhubungan dengan biaya tenaga kerja dan lainnya. Lalu, buat kamu yang penasaran dengan cara menghitung biaya membangun rumah, yuk simak seluruh tips yang disajikan khusus berikut ini.

Cara Menghitung RAB

Dalam melakukan perhitungan biaya membangun rumah, dibutuhkan yang namanya RAB atau Rencana Anggaran Biaya. Pembuatan RAB dinilai sangat penting dalam mengantisipasi kekurangan maupun kelebihan anggaran, sehingga anggaran yang dikeluarkan bisa menjadi lebih efisien.

Terdapat dua cara perhitungan RAB yaitu dengan sistem meter persegi serta sistem analisis harga satuan. Sistem analisis harga satuan dinilai menawarkan cara perhitungan yang lebih terperinci dan mendetail, sedangkan pada sistem meter persegi jauh lebih cepat dalam proses perhitungannya. Dalam hal ini, kamu bisa menyesuaikan mana sistem perhitungan RAB yang sesuai dengan tujuanmu.

Mulai Menghitung Luas Lahan

Sebagai langkah pertama untuk memulai perhitungan biaya membangun rumah, pengukuran lahan harus dilakukan terlebih dahulu. Dalam melakukan perhitungan ini, siapkan terlebih dahul alat pengukuran seperti kalkulator, benang ukur, pengukur sudut, water pass, dan lain sebagainya. Apabila kamu masih cukup awam mengenai cara pengukuran lahan, kamu dapat meminta bantuan dari seorang ahli atau yang berpengalaman dalam proses perhitungan ini.

Hitung Kisaran Biaya Desain Rumah

Selanjutnya, jika kamu kebetulan juga ingin mendesain rumah dengan bantuan dari arsitek maupun desainer interior, maka kamu juga harus memasukkan biaya desain ini dalam budget pembangunan rumah. Memanfaatkan jasa arsitek memang bisa menambah pengeluaran, tetapi di sisi lain, para arsitek biasanya juga membantu para kliennya untuk menghitung RAB. Untuk tarif dari para arsitek sendiri biasanya berbeda-beda di tiap kota dan ditentukan sesuai dengan meter persegi bangunan atau presentasi dari RAB.

Hitung Biaya Material Bangunan Rumah

Besaran biaya material untuk pembangunan rumah secara tidak langsung berhubungan dengan luas dan besarnya rumah yang akan dibangun. Sehingga, perhitungan untuk rumah 1 lantai tentu akan berbeda dengan perhitungan material 2 lantai. Untuk mendapatkan perhitungan yang rinci, kamu harus menghitung keseluruhan bahan mulai dari batu bata, semen, pasir, besi, kayu, dan material lainnya yang dibutuhkan.

Hitung Biaya Tenaga Kerja

Sama dengan biaya arsitek, biaya untuk tenaga kerja pembangunan rumah juga akan berbeda-beda di tiap daerah atau kota. Namun, secara umum, ada 3 jenis sistem perhitungan upah untuk tenaga kerja yaitu upah harian, borongan jasa, dan borongan penuh. Upah harian biasanya dihitung per hari untuk tiap pekerja. Kemudian, upah borongan biasanya dihitung per meter persegi.

Hitung Biaya Keseluruhan

Setelah menghitung berbagai biaya mulai dari biaya arsitek hingga tenaga kerja, kamu harus menjumlahkan seluruhnya untuk mengetahui berapa kisaran anggaran yang harus dikeluarkan. Bila kamu menggunakan jasa arsitek, biasanya mereka juga akan memberikan perhitungan RAB. Tetapi, tidak ada salahnya juga bila kamu mencoba untuk menghitung sendiri sebagai bahan perkiraan budget yang harus disiapkan.

Demikian seluruh penjelasan untuk tips menghitung biaya membangun rumah yang bisa kamu terapkan di masa persiapan pembangunan rumah. Apabila kamu ingin mendapatkan tips lain yang berhubungan cara menghemat anggaran pembangunan rumah, kamu dapat mengunjungi perpusteknik.com yang menyediakan banyak informasi mengenai proses pembangunan rumah.