Ternyata Kesini Perginya Sampah Puing Bangunan Sesudah Bencana Alam

Setelah terjadi bencana alam biasanya akan tersisa puing-puing dari bangunan yang rusak. Rumah dan bangunan lainnya yang hancur saat terjadi bencana menyisakan potensi material yang cukup besar. Banyaknya sisa material tentu akan menyebabkan satu pertanyaan, yaitu dikemanakan sisa material ini?

Di dalam satu tempat tinggal, ada beberapa jenis reruntuhan yang diperkirakan bisa digunakan kembali seperti beton, dinding, tembok pasangan bata, kayu, sampai logam. Sisa reruntuhan ini bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu sampah reruntuhan organik dan non organik. Reruntuhan seperti kayu, masih bisa dipakai jika ukurannya sesuai dengan struktur rumah.

Material sisa ini akan dipisahkan secara manual kemudian dihancurkan dengan mesin karena tidak bisa dibuang ke dalam tempat sampah stainless. Saat sudah dihancurkan serpihan ini akan diayak dan diolah menjadi material baru. Material daur ulang ini bisa digunakan kembali sebagai dinding untuk rumah sederhana atau sebagai sekat antara ruangan.

Lantas bagaimana untuk sisa bahan non organik? Bahan non organik seperti batu, kerikil, masih bisa diolah kembali untuk dimasukkan ke dalam mesin penghancur. Mesin akan mengubahnya menjadi pasir, hasil ayakan yang berupa material kecil bisa digunakan sebagai agregat bahan bangunan baru.

Namun sebelum digunakan kembali bahan ini harus melalui uji laboratorium untuk memastikan terlebih dahulu kekuatan dan kualitasnya. Selain itu ada material logam seperti seng dan juga besi yang dimana jenis ini sangat riskan dan diperlukan perlakuan khusus.

Sedangkan puing yang tidak bisa digunakan bisa digunakan oleh warga untuk peninggian lahan. Namun penimbunan sisa material ini baru bisa dilakukan jika sudah mendapatkan persutujuan dari warga ya.

Nah, buat kamu yang selama ini penasaran kemana perginya sisa puing bangunan setelah bencana mungkin informasi ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua ya. Jadi tenang karena ternyata ini tidak dibuang begitu saja, tapi masih bisa didaur ulang dan dimanfaatkan kembali menjadi barang yang lebih berguna.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan lingkungan ya.