Menilik Apa Saja Keunggulan yang Dimiliki Genteng Metal

Genteng mempunyai banyak bahan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan hingga budget yang dipunyai. Salah satu pilihan material ketika akan memilih genteng adalah dari genteng metal. Jenis ini seperti namanya adalah menggunakan bahan dari metal. Hal tersebut membuat genteng ini mempunyai karakteristik hingga keunggulan yang bisa didapatkan. Seperti beberapa manfaat atau keunggulan mengapa bisa memilih bahan genteng dari bahan metal ini adalah:

 

1.    Daya tahan tinggi

Ketika memilih produk penting untuk mempertimbangkan keawetan dari produknya. Sehingga penting untuk memilih produk yang bisa awet. Oleh karena itulah penting untuk memilih genteng yang mempunyai daya tahan tinggi yang baik. Genteng metal mempunyai keunggulan karena mempunyai daya tahan yang tinggi baik. Hal tersebut bisa didapatkan karena bahan ini mempunyai material yang bisa tahan rayap dan juga jamur. Sehingga hal tersebut tidak mudah membuat bahan ini menjadi lapuk dan perlu diganti dalam beberapa waktu.

Terlebih karena cuaca yang lembab juga bisa membuat lebih mudah lapuk dan diserang rayap. Sehingga penting untuk memilih bahan genteng yang tahan rayap dan lapuk ketika akan memilih genteng di bangunan. Bahan yang dapat dipilih adalah dari bahan metal ini yang mempunyai keunggulan daya tahan tinggi yang bisa tahan hingga puluhan tahun.

genteng metal

 

2.    Bobot ringan

Ketika akan memilih genteng juga penting yang mempunyai bobot yang ringan. Hal tersebut karena genteng akan dipasang di bagian atas bangunan, sehingga penting untuk mengangkutnya ke atas. Dengan memilih genteng dari bahan yang ringan, akan menghasilkan genteng yang juga mempunyai bobot ringan. Sehingga akan membuat pengangkatan atau pemindahan genteng ke atas dan juga pemasangannya menjadi lebih mudah. Bobot untuk genteng berbahan dasar metal ini mempunyai bobot 7 kg sama untuk 1 meternya. Hal tersebut berbeda jauh dengan bobot atap beton misalnya yang bisa mencapai bobot hingga 60kg. Sehingga dengan bobot ringan ini juga membuat genteng metal dapat mudah diangkat dan dipasangkan.

 

3.    Tahan gempa

Ketika akan memilih genteng juga perlu untuk memilih bahan yang bisa tahan terhadap guncangan hingga gempa. Terutama apabila tinggal di daerah yang sering atau bisa terjadi gempa seperti di Indonesia. Oleh karena itulah pastikan untuk memilih material genteng yang tahan gempa seperti dari metal. Bahan ini cocok digunakan untuk daerah yang rawan gempa. Hal tersebut juga didukung dengan pemasangan khusus bahan ini yang menyatu dengan rangka bangunan. Sehingga hal tersebut akan membuatnya juga lebih kokoh dan cocok dipilih karena tahan gempa.

 

4.    Harga murah

Ketika akan memilih genteng juga penting untuk memilih genteng dari material yang tidak hanya mempunyai kualitas bagus, tetapi yang harganya terjangkau. Seperti dari genteng dari material metal ini yang mempunyai keunggulan dengan harga terjangkau yang bisa didapatkan. Hal tersebut tentunya mempunyai keunggulan karena bisa untuk menghemat budget. Selain itu juga bisa menggunakan sedikit lembaran genteng saja untuk atap bangunan yang luas.

 

5.    Banyak pilihan warna

Keunggulan terakhir mengapa bisa memilih genteng dari bahan metal adalah karena bisa untuk mendapatkan banyak pilihan warna. Hal tersebut membuat keunggulan bahan ini yang akan bis menyesuaikan dengan tampilan konsep rumah yang dipunyai. Berbagai warna tersebut bisa dipilih untuk konsep rumah yang tradisional, minimalis, modern, maupun yang elegan. Sehingga hal tersebut akan membuat genteng lebih bisa disesuaikan dengan tampilan rumah yang diinginkan.