Cara Membersihkan Noda pada Kain Sofa Bahan Beludru

Sofa mempunyai bahan pelapis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah menggunakan kain sofa dengan banyak sekali pilihan yang tersedia dan bisa dipilih sesuai selera. Tersedia pilihan kain sofa dari bahan katun, wovin, beludru, dan masih banyak lainnya. Bahan tersebut bisa dipilih sesuai dengan selera, tampilan, dan juga cara perawatan yang diinginkan.

Seperti bagi yang menggunakan bahan beludru untuk sofa pastikan untuk merawat dan membersihkannya dengan tepat. Bagi yang mempunyai sofa menggunakan bahan beludru dan mempunyai noda yang mengenai bahan tersebut, bisa menggunakan cara berikut ini untuk menghilangkan nodanya.

 

1.    Membersihkan debu kotoran

Langkah pertama ketika sofa dengan bahan beludru yang dipunyai mempunyai noda dan kotoran adalah cukup menggunakan vacuum cleaner saja. Langkah ini seperti membersihkan rumah seperti biasanya. Pertama adalah dengan membersihkan sofa tersebut dengan kemoceng untuk membersihkan kotoran yang ada di bahan sofa tersebut. Selanjutnya baru gunakan vacuum cleaner pada sofa beludru. Lakukan langkah ini dengan rutin sehingga tidak membuat sofa dari bahan beludru ini mempunyai banyak debu dan kotoran yang dapat untuk membuat sesak nafas bahkan juga hingga alergi.

kain sofa

2.    Menggunakan cairan pembersih

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membersihkan kain sofa dari bahan beludru adalah dengan menggunakan cairan pembersih. Tidak hanya cukup untuk membersihkannya dengan penyedot debu saja, tetapi juga bisa menggunakan cairan pembersih. Terutama untuk noda yang disebabkan oleh selain debu. Karena apabila debu bisa untuk menggunakan penyedot debu saja. Akan tetapi untuk menghilangkan noda dari kopi, minyak, kuah sayur, dan juga makanan lainnya bisa untuk menggunakan cairan pembersih.

Jenis cairan pembersih yang digunakan juga tidak perlu repot-repot karena bisa menggunakan sabun cuci piring yang mudah ditemukan di rumah. Gunakan cairan tersebut yang dicampur dengan air dan gunakan untuk membersihkan kain sofa dari bahan beludru yang terkena kotoran.

3.    Menggunakan cairan cuka

Cara membersihkan kain sofa dari bahan beludru selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan cairan cuka. Apabila kotoran yang dipunyai tidak bisa untuk dibersihkan dengan cairan lembut dari pembersih piring, gunakan jenis cairan yang lebih keras yaitu menggunakan cairan cuka. Caranya bisa untuk mempersiapkan cuka ke dalam wadah dan semprotkan ke handuk hingga basah. Lap tempat sofa yang mempunyai kotoran tersebut hingga bersih menggunakan handuk yang telah digunakan dan dicampurkan dengan cuka.

4.    Sikat bulu halus

Tips terakhir untuk membersihkan kain sofa adalah dengan menggunakan sikat bulu halus. Biasanya bagi yang mempunyai hewan peliharaan tentunya mempunyai bulu-bulu yang tertinggal dengan mudah di sofa dari bahan beludru ini. Sehingga untuk membersihkannya tidak cukup dengan menggunakan kemoceng dan tidak bisa untuk membersihkannya menggunakan cairan pembersih.

Gunakan sikat berbulu halus bisa didapatkan dan dimanfaatkan untuk menghilangkan bulu-bulu yang menempel di kain sofa beludru. Setelah membersihkan bulu, selesaikan dengan menjemurnya di tempat yang sejuk dan cukup untuk angin-anginkan sofa agar tetap kering dan bersih.

 

Tips dan langkah di atas bisa digunakan untuk menghilangkan noda dan kotoran di kain sofa yang menggunakan kain beludru. Selain cara di atas juga ada masih banyak cara lainnya untuk dapat merawat sofa dari bahan ini. Tapi jangan gunakan pembersih menggunakan cairan yang keras atau bahan kimia yang dapat merusak serat kain. Selain itu, jangan juga menyikatnya terlalu keras agar bisa mempertahankan bulu beludru tetap lembut dan menempel dengan baik.