Pengertian Kampanye dan Tujuannya

Kampanye adalah istilah yang sering kita dengar, apalagi jika sudah mendekati masa masa proses pergantian jabatan, masa pemilihan dan sejenisnya.

Jika kalian mendengar kata kampanye apasih yang ada di benak kalian?? meminta dukungan, mengajak, merayu dan sejenisnya lah ya.

Nah baiklah langsung saja pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kampanye dan apa sih tujuannya.

Pengertian Kampanye dan Tujuannya

Kampanye pada hakikatnya adalah suatu bentuk aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau sekumpulan orang guna memperoleh tujuan yang ia inginkan sehingga mereka mendapatkannya. Berikut penjelasan lengkapnya:

Pengertian Kampanye

Kampanye adalah suatu bentuk berupa tindakan dan terencana yang dilakukan untuk memperoleh tujuan yang diinginkan, baik itu dukungan, pendapatan, pemasaran, dan lain sebagainya.

Secara umum sendiri, kampanye adalah serangkaian tindakan dan juga usaha yang terorganisir untuk mendapatkan dukungan yang besar dari masyarakat umum, oleh seseorang maupun sekelompok orang, dengan terus menerus dan dalam kurun waktu tertentu.

Biasanya kampanye dilakukan pada kegiatan-kegiatan sosial, politik, pemasaran dan lain sebagainya. Adapun kampanye memiliki unsur-unsur penting didalamnya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menciptakan sesuatu yang berdampak bagi masyarakat umum
  • Sasaran dari kampanye adalah khalayak atau masyarakat luas
  • Kegiatan kampanye pada umumnya dilakukan pada kurun waktu tertentu
  • Dilakukan secara terencana, terorganisir dan komunikasi yang baik.

Adapun kampanye menurut para ahli adalah:

1. Rogers E. M. dan Storey J. D.

Kampanye adalah suatu bentuk tindakan komunikasi yang terorganisir dengan tujuan akan memperoleh efek kepada banyak orang dan biasanya dilakukan berkelanjutan dan dalam kurun waktu tertentu.

2. Riswandha Imawan

Kampanye adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang kepada khalayak umum agar mereka bisa satu pemikiran atau sepaham kepada gagasan yang akan diberikan.

3. F. Rachmadi

Kampanye adalah suatu kegiatan yang terorganisir dan sistematis tujuannya agar khalayak umum dapat melakukan apa yang diinginkan orang yang berkampanye tersebut, lalu menggunakan media agar dapat sesuai dengan sasarannya.

Baca selengkapnya di : https://www.pendidik.co.id/

Tujuan Kampanye

Kampanye juga ternyata memiliki banyak tujuan loh, apasih tujuannya?? Berikut penjelasannya:

1. Sebagai salah satu upaya untuk mencapai tujuan agar masyarakat ikut berpartisipasi

2. Sebagai sarana informasi untuk dapat mengubah pola pikir masyarakat

3. Agar dapat membangun energi dan citra yang positif terhadap peserta kampanye.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Kampanye dan Tujuannya. Semoga bermanfaat. Terimakasih 🙂