Resep Wingko Babat yang Bisa Dibuat Dirumah

Wingko Babat adalah jajanan asli dari kota Babat, Lamongan, Jawa Timur. Warga sekitar biasa menyebut kue wingko jajanan ini. Selama Perang Dunia Kedua, sekitar tahun 1944, sebuah keluarga etnis Tionghoa bermigrasi ke Semarang dari kota Babat. Pasangan suami istri tersebut bernama The Ek Tjong (D Mulyono) dan Loe Lan Hwa.

Keduanya melihat peluang bisnis karena kota Semarang masih asing dengan kue wingko. Dua tahun kemudian, keduanya memulai bisnis makanan ringan bernama Wingko Babat. 

Resep Wingko Babat

Bahan-bahan:

  • 125 gr tepung ketan
  • 1 btr kuning telur
  • Gula pasir 150 gr
  • 1 mug vanilli
  • 75 ml air dingin
  • 1 sdm margarin
  • 300 gr kelapa parut dengan mesin parut kelapa.
  • 1 sdt garam
  • Teflon

Cara Buat:

  1. Peras 50 gram kelapa kering dengan air dingin untuk membuat santan, atau bisa diperas dengan mesin pemeras santan. Jika sudah cair, tambahkan gula yang sudah disiapkan.
  2. Didihkan santan dengan api kecil. Saat sudah dingin, tambahkan margarin.
  3. Aduk adonan yang telah ditambahkan margarin. Tunggu sampai larut dengan air. Jika demikian, matikan pemanas.
  4. Sambil menunggu dingin, masukkan tepung ketan, vanili, garam dan kelapa kering.
  5. Jika sudah menjadi adonan lengket, tuangkan gula yang sudah dingin dan larutan margarin.
  6.  Aduk adonan dengan spatula, hati-hati jangan sampai adonan menggumpal. Sambil menunggu, panaskan teflon dan olesi margarin.
  7. Tuang adonan ketan yang sudah jadi ke dalam loyang dan olesi adonan. Jangan membuat adonan terlalu encer. Jika terasa rata, tutupi teflon sambil menunggu matang.
  8. Sambil menunggu adonan dibalik, ambil telurnya dan pisahkan dengan putihnya.
  9.  Tunggu 3 sampai 5 menit untuk membalik adonan. Putar adonan dengan lembut, jangan pecah.
  10. Saat giliran pertama, olesi adonan yang dirasa sudah matang menggunakan kuning telur pada setiap sisi wingko babat. Lakukan terus menerus hingga adonan matang.
  11. Untuk mengetahui seberapa matang adonan, lakukan uji tusuk. Jika masih ada bagian yang cair, lakukan kembali proses pemasakan lalu tunggu sampai benar matang.
  12. Saat dirasa sudah matang, angkat adonan wingko ke atas piring dan potong sesuai selera.
  13. Wingko babat siap dihidangkan.

Fakta Unik Wingko Babat

1. Wingko Babat Bukan Berasal Dari Semarang

Sejak lama wingko babat sering dikenal sebagai makanan khas dari Semarang. Namun sejarah berkata lain bahwa halnya wingko babat berasal dari daerah Babat, Lamongan Jawa Timur.

Cerita ini bermula dari seseorang warga babad bernama Loe Lan Hwa dan The Ek Tjong yang membawa wingko babat datang ke Semarang. Kedua orang tersebut akhirnya memutuskan untuk pergi dari Lamongan pada saat perang terjadi disana.

Dengan keahlian membuat kue kelapa, dua orang tadi akhirnya membuka usaha wingko babat pada tahun 1946 di Semarang. Maka dari itulah wingko babat lebih dikenal sebagai makanan khas Semarang.

2. Jalan Pandanaran

Seperti makanan bakpia yang ada di Yogyakarta, ternyata wingko babat menguasai satu wilayah khusus di Semarang. Kawasan Jalan Pandanaran merupakan lokasi dimana ditemukan berbagai macam merk wingko babat dijual. Seringnya wingko babat dijual berdampingan dengan penjual bandeng presto khas Semarang.

3. Evolusi Rasa

Sejak awal dibuat wingko babat, rasa yang diproduksi ialah kelapa yang manis dan gurih. Namun sejak berkembang zaman, wingko babat menghadirkan varian rasa baru seperti kelapa, durian, nangka, cokelat, serta rasa pisang.

4. Merk Legendaris

Dari kebanyakan merk wingko babat, ternyata merek WINGKO BABAT KERETA API menjadi yang paling trend. Dalam merk ini wingko babat ada 4 varian rasa kelapa, nangka, cokelat, dan vanilla. Wingko babat merk ini dikenal karena bungkus kemasan ada gambar kereta api. Ternyata berdasarkan cerita yang beredar dahulunya wingko babat merk Kereta Api hanya dijual di dekat Stasiun Tawang, Semarang. 

 

Mungkin itu informasi dan resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih