Memasarkan Makanan Melalui Food Blogger

Semakin maraknya foodies dan food blogging di sosial media atau blog/website saat ini, membuat profesi food blogger semakin lama semakin bertambah. Banyak juga orang yang sebelum memilih suatu resto/café tertentu membaca reviewnya dahulu dari blog seorang blogger food tersebut.

Pengaruh dari ulasan yang mereka buat di sosial media atau blog, membuat para pengusaha resto, jajanan atau warung pinggir jalan tidak menggunakan teknik marketing secara tradisional. Pemasaran kini banyak dilakukan melalui jasa blogger makanan tersebut.

Pemasaran Kuliner Menggunakan Jasa Food Blogger

food blogger

Ulasan yang dibuat oleh para blogger ini tentunya lebih subjektif, jujur dan juga deskriptif. Ditambah lagi dengan pemasaran dari mulut ke mulut yang memberi tahu bahwa makanan di suatu tempat makan, memiliki rasa yang enak.

Cara pemasaran dari mulut ke mulut tentu akan lebih efektif dan memberi keuntungan tersendiri, untuk produsen makanan tersebut.

Ketika seorang food blogger memberikan ulasannya di blog lalu dibaca oleh banyak orang, maka orang itu akan mengunjungi suatu tempat makan untuk membuktikan bahwa rasa makanannya memang sesuai dengan ulasan di sana.

Itulah tugas seorang blogger food, yang membuat review mengenai jenis makanan atau tempat makan yang sangat layak dicoba. Informasi tersebut tak hanya dipublikasikan melalui blog atau sosial media mereka saja, tapi juga bisa mereka bagikan pada orang-orang terdekatnya.

Itulah sebabnya, para penyedia makanan misalnya pemilik café/resto akan menggunakan jasa blogger food untuk mempromosikan usaha makanan mereka. Kritik dan saran dari konsumen juga akan meningkatkan kualitas dari tempat usaha kuliner tersebut.

Keuntungan Menjadi Seorang Blogger Food

Tak sedikit juga pemilik resto/café yang melakukan kolaborasi dengan para food blogger dalam menciptakan sebuah hidangan, dan menyelenggarakan acara giveawaynya untuk para followers mereka di akun sosial media instagram.

Hal itu akan memberikan keuntungan bagi kedua pihak, bagi untuk blogger food ataupun pemilik resto/café tersebut karena jumlah followers mereka akan meningkat.

Itulah cara untuk mendapatkan uang dari seorang blogger food, yaitu membuat kerjasama dengan penyedia makanan atau para pemilik usaha kuliner. Selain itu, dengan menjadi seorang food blogger ini kamu juga bisa menghadiri event-event yang berkaitan dengan wisata kuliner atau makanan.