Cara Membuat Tempe Kemul Khas Wonosobo yang Enak

Cara membuat tempe kemul ini adalah topik pembahasan kita pada kali ini. Tapi sebelum masuk ke intinya, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu tempe dan terbuat dari apa saja.

Tempe 

Tempe adalah makanan yang terbuat dari kedelai yang difermentasikan. Makanan Indonesia ini sudah sangat dikenal oleh seluruh masyarakat karena memiliki rasa yang khas dan juga lezat. Dan bukan hanya di Indonesia, makanan ini sudah dikenal di sebagian negara di dunia.

Cara Membuat Tempe Kemul

Tempe kemul merupakan makanan khas dari wonosobo selain carica, mie onglok dan juga sagon. Kemul dari Bahasa jawa artinya selimut jadi tempekemul itu tempe yang diselimuti tepung,

Bahan-bahan :

  • Tempe (pakai magelangan yang panjang)
  • Bawang putih 3butir
  • Air +-100ml
  • Tepung beras 2-3 Sdm
  • Tepung Terigu secukupnya
  • Garam Sejumput
  • Minyak Goreng
  • Kunir diparut sedikit

Cara Membuat Tempe Kemul :

  1. Potong tempe menjadi tipis tipis dengan serong (jangan terlalu tipis)
  2. Haluskan Bawang sampai benar-benar halus 
  3. Tambahkan air dan campur bawang dan kunir kedalam air kemudian beri garam
  4. Masukkan tepung terigu dan tepung beras 
  5. Kemudian campur tempe yang sudah dipotong tadi ke dalam campuran tepung dan bawang tadi, lumuri tempe dengan tepung sampai benar-benar merata.
  6. Jika sudah siapkan minyak kemudian panaskan dengan api sedang, kemudian masukkan tepe atu persatu, angkat tempe jika sudah agak kekuningan, dan tempe kemul siap di santap

Manfaat Tempe bagi Kesehatan

1. Sumber Protein yang Sangat Bagus

Tempe memiliki protein yang sangat banyak bahkan tempe sering menjadi makanan pengganti daging dan juga sayur-sayuran lainnya karena tempe memiliki protein yang hamper sama banyaknya.

2. Memiliki Kalsium yang Tinggi

Tidak hanya susu ternyata yang memiliki kalsium tinggi, ternyata rempe juga loh, dan tempe ternyata memiliki kalsium yang hampir sama dengan susu, maka dari itu tempe juga bagus buat kekuatan tulang-tulang kita, karena tulang perlu sekali dengan adanya kalsium.

3. Sebagai Sarana Diet

Tempe memiliki banyak kandungan protein, serat yang berlimpah, dan yang paling penting rendah lemak maka dari itu orang lebih memilih tempe dibandingkan makanan yang lainnya untuk diet. Bukan cuma enak, tempe juga memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu kisaran 500-6000.

4. Cocok Bagi Pengidap Penyakit Diabetes

Tempe memiliki kandungan lemak yang sangat rendah maka dari itu tempe sangat cocok untuk menjaga kestabilan gula didalam tubuh.

5. Dapat Menurunkan Kolesterol 

Bagi yang sering kolesterolnya naik atau tinggi itu dapat memicu penyakit jantung, ternyata tempe bisa menjadi solusi yang tepat bagi kalian semua karena bisa menurunkan kolesterol dengan harga murah dan rasa juga lezat.

6. Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Di dalam tempe terkandung banyak sekali zat-zat yang sangat berguna bagi tubuh kita semua, seperti Vitamin B12, kalsium, protein yang tinggi, dan masih banyak lagi. Bayangkan dengan harga yang murah kalian bisa mendapatkan manfaat yang sangat berlimpah.

7. Mencegah Penyakit Osteoporosis

Tempe memiliki Vitamin B12, kalsium, kaya dengan protein dan juga vitamin K itu semua yang diperlukan oleh tulang. bagaimana gak bagus, hanya dengan mengkonsumsi tempe kalian bisa mendapatkan semua manfaat itu, semua sudah ada dalam tempe harganya juga sangat terjangkau dengan manfaat yang luar biasa.

Jika kalian tidak ingin dalam menggoreng tempe, isi tempenya minyak semua kalian bisa menggunakan mesin peniris minyak mesin ini dapat mengurangi kandungan minyak di dalamnya, Sekian artikel dari saya semoga bermanfaat, terima kasih.