Cara Membuat Kerupuk Kentang

Halo teman semuanya, Di artikel kali ini saya mau bagikan ke teman-teman semuanya gimana cara membuat kerupuk kentang yang enak dan lezat, pastinya juga dengan cara yang mudah dan ringkas. Jadi kalian ga perlu khawatir tidak bisa membuatnya dirumah.

Tapi sebelum ke pembahasan tersebut, saya mau bahas beberapa hal-hal yang masih berkaitan dengan kerupuk ini.

Tanpa perlu berlama lama lagi dengan basa basi pembukanya, kita akan masuk ke bahasan dari hal yang berkaitan dengan kerupuk ini.

 

Kerupuk

Kerupuk adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung terigu, sering digunakan sebagai lauk untuk makanan utama.

Cara memasak kerupuk sangat mudah. Adonan dikukus sampai matang, kemudian dipotong-potong tipis, dijemur sampai kering dan digoreng dengan minyak sayur yang banyak.

Makanan ini tidak hanya populer sebagai lauk pendamping, tetapi juga digunakan dalam banyak hal, seperti digunakan dalam kontes Hari Kemerdekaan Indonesia.

Kerupuk sendiri tidak selalu dibuat dengan tepung tapioka, dan hidangan ini melalui proses tiga langkah. Memasak, mengeringkan dan memasak (bisa digoreng dengan minyak atau tepung, bisa dipanggang).

cara membuat kerupuk kentang

Kerupuk ini sering dijadikan lauk pauk seperti gado gado, nasi goreng, soto, dan lauk pauk lainnya.

Kerupuk dan kerupuk ikan merupakan jenis kerupuk yang paling umum di Indonesia. Kerupuk dengan harga terjangkau seperti rambak, kerupuk putih, kerupuk udang, dan aneka kerupuk lainnya.

Kerupuk biasanya dijual dalam kemasan mentah. Kerupuk ikan yang sulit dipecah dalam bentuk gorengnya biasanya dijual dalam bentuk goreng.

Kerupuk kulit atau kerupuk ikan yang mudah rusak sebaiknya digoreng dua kali. Kerupuk harus digoreng terlebih dahulu dengan minyak bersuhu rendah lalu dipindahkan ke wajan yang sudah diberi minyak panas.

Kerupuk Kulit adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kambing yang dikeringkan kemudian dilapisi tepung tapioka.

 

Cara Membuat Kerupuk Kentang

Kalau tadi saya sudah bahas hal-hal yang berkaitan dengan kerupuk, kini saya akan mulai membahas gimana cara membuat kerupuk kentang.

Pasti pembahasan kali ini yang sudah kalian tunggu bukan ? Kalau begitu langsung saja kita ke topik pembahasan cara membuat kerupuk kentang.

Bahan

  • 1/2 kg kentang ( kukus kemudian dihaluskan )
  • 1/2 kg tepung tapioka
  • 2,5 sdt bawang putih bubuk
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • Air panas secukupnya
  • Daun bawang (diiris)

Cara Pembuatan

  1. Tahapan pertama, teman-teman bisa melakukan pencampuran semua bahan dan uleni menggunakan tangan sampai kalis.
  2. Selanjutnya, kalian bentuk adonannya menjadi seperti lontong ataupun bentuk lainnya disesuaikan dengan selera teman-teman.
  3. Setelah itu, kalian bisa merebus adonan kerupuknya ke dalam panci yang berisi air panas sampai matang, adonan mengapung juga bisa dijadikan patokan kematangannya.
  4. Setelah itu, kalian dinginkan hingga adonan mengeras dan potong tipis-tipis.
  5. Selanjutnya kalian jemur adonan tersebut sampai benar-benar kering.
  6. Setelah dirasa sudah kering, kalian bisa menggorengnya dalam minyak panas dengan api sedang, kalian juga dapat gunakan mesin deep fryer supaya hasil gorengnya menjadi lebih cepat dan efisien.
  7. Setelah selesai digoreng kalian bisa langsung menyantap kerupuknya atau mengemasnya untuk disimpan ataupun dijual kerupuknya.