Kandungan dalam Air Kelapa Muda Beserta Manfaat dan Cara Mengkonsumsinya yang Benar

Air kelapa adalah cairan dalam kelapa hijau muda. Air kelapa telah lama menjadi minuman populer di daerah tropis, khususnya di India, Pantai Brasil, Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Afrika, dan Karibia.

 

Kandungan Air Kelapa Muda

Di dalam 1 gelas atau sekitar 240 ml air kelapa muda, terkandung 46 kalori serta berbagai macam nutrisi, seperti:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vitamin C
  • Mineral, seperti magnesium, kalium, dan kalsium
  • Antioksidan

 

Manfaat Air Kelapa Muda

1. Meningkatkan stamina tubuh

Tidak hanya memberikan efek menyegarkan, air kelapa juga bisa meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dalam air kelapa bisa digunakan oleh tubuh untuk  menghasilkan energi, agar anda bisa lebih semangat dalam menjalankan aktivitas.

2. Cegah dehidrasi

Air kelapa juga sering digunakan untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh dan mengatasi dehidrasi ringan. Namun, Anda tetap disarankan untuk meminum air putih minimal 8 gelas tiap hari untuk mencegah dehidrasi.

3. Menjaga imunitas tubuh tubuh

Air kelapa mengandung berbagai macam antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Namun, manfaat air kelapa masih perlu dipelajari lebih lanjut.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Air kelapa dipercaya mempunyai efek yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga dapat mengurangi penimbunan lemak yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung serta serangan jantung.

5. Mencegah penyakit batu ginjal

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa air kelapa bisa mencegah penumpukan kristal yang menempel pada dinding ginjal dan bagian lain pada saluran kemih. Hal ini membuat air kelapa dipercaya efektif untuk mencegah serta mengobati batu ginjal.

6. Menurunkan tekanan darah

Manfaat air kelapa dianggap baik untuk menurunkan serta mengontrol tekanan darah. Ini dikarenakan air kelapa mengandung potasium yang telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Meski demikian, manfaat air kelapa untuk menurunkan tensi atau tekanan darah ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

 

Cara Mengkonsumsi Air Kelapa dengan Tepat

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa yang maksimal, sebaiknya konsumsi air kelapa murni yang diambil langsung dari buah kelapa. Selain itu, kalian juga disarankan untuk tidak menambahkan gula pasir atau pemanis buatan saat mengkonsumsinya.

Untuk mempermudah pada saat proses pembuatan minuman dari air kelapa muda gunakan mesin pengupas kelapa dan juga memakai mesin cungkil kelapa.

Jika Anda mengonsumsi air kelapa dalam kemasan, pastikan kemasannya tidak rusak dan perhatikan kandungan nutrisi di dalamnya. Kebanyakan air kelapa dalam kemasan sudah tidak murni lagi dan sudah diberi bumbu atau tambahan gula. Jika dikonsumsi secara berlebih, tentu tidak baik untuk kesehatan.

Anda bisa menyimpan air kelapa kemasan di lemari es agar tetap segar. Namun, saat dibuka, segera konsumsi air kelapa kemasan setidaknya dalam waktu 24 jam.

Jika Anda mengalami keluhan setelah mengkonsumsi air kelapa, seperti muntah, mual, sakit perut, atau diare parah, konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan.

Itulah pembahasan pada artikel kali ini tentang beberapa kandungan dalam air kelapa muda beserta manfaat dan cara mengkonsumsinya dengan benar. Sampai jumpa di artikel saya yang selanjutnya.