Langkah-langkah Mengatasi Ancaman Keamanan di G suite

Serangan phising atau malware akan meningkat ketika perusahaan mencoba menerapkan teknologi untuk memudahkan pekerjaannya. Phising banyak menyasar ke email. ada 3 solusi keamanan untuk melindungi perusahaan dari serangan, diantaranya:

1. Proaktif, memiliki perlindungan setingan awal.

2. Cerdas, dan selalu update tentang keamanan dan dapat beradaptasi melalui ancaman yang sering berubah.

3. mudah dioperasikan oleh admin dan end user

G suite telah berhasil dan berusaha untuk membantu admin dan user memulihkan dan mendeteksi serangan, berikut adalah cara bagaimana anda bisa menghentikan dan mengenali ancaman menggunakan fitur yang ada pada google suite.

Kenali Masalahnya

sebagai seorang admin IT di perusahaan besar tidak mudah, karena biasanya akan sering mendapatkan peringatan tentang keamanan. Jika peringatan tidak ditindak lanjuti dengan segera biasanya akan semakin banyak peringatan yang masuk. Pada google suite admin akan mempunyai tampilan tunggal dan komprehensif tentang adanya update keamanan yang paling penting.

admin dapat menerima peringatan, dan informasi tersebut dapat ditindaklanjuti berupa malware, phising, akun mencurigakan, dan aktifitas yang bisa dianggap mencurigakan, contohnya ada sebuah aktivitas perangkat yang dianggap mencurigakan, maka akan tertampil nomor seri dan informasi ID perangkat tersebut pada dashboard admin. Peringatan tersebut ada pada pusat peringatan yang menjadi salah satu fitur dari google suite.

Menyelidiki Penyebab Masalah

orang dapat melihat adanya email mencurigakan yang masuk dengan judul "Time Sensitive Perbarui Kontak Anda" dengan melakukan pivot dan mencari di investigation tool.

Menentukan Jangkauan Insiden keamanan 

Setelah mengetahui adanya pengguna yang terdeteksi, yang membuat khawatir adalah banyak pengguna lain juga telah terpengaruh. dengan menggunakan investigation tool  anda bisa mencari tahu hal itu. anda bisa mencari tahu pengguna lain yang ada dalam perusahaan tersebut yang telah menerima email mencurigakan di dalam dashboard yang sama.

Limit Attack Proliferation

Serangan ini bisa diketahui lebih awal dengan G suite, super admin dapat menghapus email yang mencurigakan dari orang yang tidak dikenal di kotak masuk pengguna. Jika diperlukan tindakan ini dapat diaudit dan dicatat.

Akan tetapi jika anda bingung bagaimana cara menggunakan Google Suite, anda jangan khawatir. Karena banyak layanan-layanan seperti yang disediakan oleh PT Eikon Technology yang dapat membantu anda untuk beralih menggunakan Google Suite dan membantu mendeteksi malware dan serangan phising yang dikirim ke email.