anjing herder

Mengenal Lebih Dekat Anjing German Shepherd, Si Penggembala Yang Cerdas Dan Tangguh

Sejarah Anjing German Shepherd

 

Anjing german shepherd atau suka disebut juga anjing herder adalah anjing jenis penggembala yang berasal dari Jerman yang dkembangkan akhir 1800-an dengan mengawinkan berbagai ras anjing penggembala.

Anjing ini dikenal karena kecerdasan, keberanian, kesetiaan, dan naluri menjaganya. Trah ini dapat menjadi anjing penjaga yang sangat baik, anjing polisi, anjing penuntun untuk tunanetra, serta anjing pencari. 

Sifatnya yang cerdas, pemberani, aktif, dan suka melakukan sesuatu membuat mereka membutuhkan sosialisasi yang tinggi. Jika tidak, anjing ini bisa menjadi tempramental dan nakal.

German shepherd bisa mencapai tinggi maksimum sekitar 60-65 cm dan berat hingga 40 kg, mereka anjing yang proposional. Kepalanya lebar, telinganya agak besar, punggungnya rata dan berotot. Bulunya berwarna hitam, cokelat, hitam dan abu-abu. Konon, trah ini bisa hidup sekitar 10-12 tahun.

Jika kamu ingin mencari tahu informasi lebih seputar anjing, bisa mengunjungi blog rumahfauna.com

Fakta Anjing German Shepherd

anjing herder

  • Anjing herder sangat setia terhadap pemiliknya dan tidak begitu suka dengan orang asing. Maka dari itu anjing ini harus dilatih bersosialisasi untuk mengurangi keagresifannya.
  • Mereka akan menggonggong keras ketika ada orang asing mengetuk pintu rumah kamu. Ia juga akan melindungi orang-orang yang ia sayangi dari bahaya yang mengancam. Mereka juga dikenal sangat protektif terhadap anak-anak.
  • Anjing herder suka meminta untuk diajak jalan-jalan dan bermain, jika tidak dituruti ia akan menggonggong sangat keras.
  • Jenis ini dikenal sangat cerdas, bahkan mereka menduduki peringkat ketiga dalam daftar anjing tercerdas versi American Kennel Club. 
  • Mereka memiliki rasa ingin tahu yang besar. Jika ada sesuatu yang membuatnya penasaran, ia akan mendekati bukan menjauhinya. Mereka akan menjelajahi kawasannya dan memeriksa halaman mereka ketika pulang berpegian. Rasa ingin tahu ini akan terlihat ketika anjing herder masih anak-anak.
  • Salah satu anjing pelari tertangguh. Kemampuan ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang mengandalkan kekuatannya untuk dijadikan sebagai anjing polisi dan anjing militer.
  • Warna anjing herder yang paling umum adalah hitam dan campuran beige, namun juga ada yang berwarna putih polos.
  • Anjing herder akan tumbuh menjadi anjing yang besar dan kuat, dengan tinggi badan 55-60 cm dan berat antara 30-40 kilogram.
  • Anjing German shepherd adalah shedder yang produktif. Jika Anda menyikat bulunya selama 15 menit,  maka bulunya akan berterbangan di udara 15 menit kemudian. Menyikat harian adalah satu-satunya cara untuk mencegah penumpukan bulu di rumah Anda.
  •