Jenis Kayu yang Ringan untuk Furniture

Kayu merupakan komponen utama dalam memproduksi furniture, dimana setiap jenis kayu memiliki karakter yang berbeda beda. Disini kita akan membahas beberapa jenis kayu yang ringan yang biasa dibuat untuk berbagai model furniture.

Kayu yang ringan memang cocok buat furniture yang sering digunakan dan sering dipindahkan seperti furniture cafe. Hiasan dinding dan beberapa furniture lainnya. Hal ini karena dengan produk yang ringan membuat lebih mudah dalam pembersihan.

Untuk itulah saat ini banyak furniture cafe yang menggunakan produk furniture dari jenis kayu yang ringan. Nah kayu jenis apa saja yang ringan dan tidak berat untuk menjadi sebuah furniture modern yang tetap bagus dan cantik

1. Kayu jati belanda

Kayu ini adalah jenis kayu yang ringan, biasanya dipakai untuk meja kursi cafe, karena ringan sehingga memang paling cocok untuk produk yang sering diangkat dan diturunkan. Untuk itu bila anda ingin membuat sebuah cafe maupun resto jenis kayu ini bisa jadi pilihan yang cocok.

2. Kayu mahoni

Jenis kayu ini juga salah satu jenis kayu yang ringan, berwarna agak merah dengan serta halus dan tidak banyak minyak kayu membuat menjadi ringan, biasa untuk produk indoor furniture. Dengan finishing cat duco putih dan duco lainnya dengan model klasik mewah.

3. Kayu sungkai

Salah satu jenis kayu yang karakternya mirip dengan kayu jati adalah kayu sungkai, namun jenis kayu ini memiliki karakter bobot kayu yang lebih ringan dan juga harga terjangkau, banyak digunakan untuk berbagai kursi meja dan juga kerajinan dinding lainnya.

Diatas kami jelaskan 3 jenis kayu yang ringan untuk proses pembuatan furniture. Sebenarnya memang masih banyak jenis kayu lainnya yang bisa digunakan. Di jepara sendiri kayu diatas tidak begitu banyak dipakai, pengrajin banyak yang memakai bahan dari kayu jati seperti perusahaan Cahaya Mebel Jepara misalnya, yang menggunakan jati solid dan juga mahoni serta trembesi.

Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai masukan, sebelum anda menentukan produk furniture dengan kayu apa yang menjadi bahan baku utamanya, karena bahan kayu sangat menentukan hasil dari furniture yang nantinya anda pakai dan gunakan untuk kebutuhan furniture, baik untuk cafe, resto maupun rumah anda.