Cara Merawat Pakaian Batik Dengan Baik dan Benar

hem batik

Batik merupakan salah satu kain kebanggaan negara Indonesia. Mulai dari cara pembuatannya yang unik, motif-motif filosofis yang kaya akan makna dan juga tentang penggunaannya oleh kalangan tertentu. Batik memiliki cerita unik yang sepertinya menarik untuk dikulik. Baju banyak digunakan sebagai pakaian adat bangsa jawa.

Zaman dahulu, batik dengan motif tertentu hanya boleh digunakan oleh kalangan dengan kasta tinggi. Namun semakin berkembangnya zaman, batik pun mengalami perkembangan. Misalnya saja saat dahulu batik hanya hadir dengan warna alam dengan warna coklat hitan dan putih. Sekarang ini banyak bermunculan batik dengan warna-warna cerah.

Batik sekarang ini keberadaannya telah diakui di dunia internasional. Bahkan tanggal 2 Oktober di tentukan sebagai hari batik nasional. Tak heran untuk menggambarkan kecintaan akan batik, instansi pemerintah menetapkan batik sebagai salah satu seragam nasional PNS. Beebrapa sekolah pun menetapkan batik sebagai seragam identitas mereka.

hem batik

Cara merawat batik 

Sebagai salah satu jenis pakaian yang telah menjadi koleksi wajib setiap orang. Untuk itu, sepertinya Anda wajib tahu bagaimana cara merawat baju etnik ini agar lebih awet dan tak cepat kusam. Mau tahu apa saja tips dan trik menjaga baju batik? Ini dia

  • Tidak di cuci dengan bahan kimia yang terlalu kuat. Misalnya pemutih, atau dengan deterjen dengan jumlah banyak. Ini cukup berpengaruh pada warna yang akan semakin cepat luntur dan kain yang akan semakin cepat rapuh

  • Sebelum di jemur,  batik tidak perlu di peras

  • Jangan kucek baju batik Anda secara berlebihan. Itu juga berpengaruh pada kualitas pakaian batik Anda nantinya

  • Jemurlah di tempat teduh, atau cukup diangin-anginkan saja. Batik terbuat dari bahan yang tidak terlalu tebal. Untuk menjaga warnanya agar tetap stand out, Anda hanya perlu menjemur sekadarnya. Tidak perlu terpapar matahari evara langsung. Warna batik akan mudah kusam jika terkena panas berlebih.

  • Masih berkaitan dengan panas, batik juga tidak perlu di setrika sevara langsung. Jika Anda akan menyetrikanya, lebih baik lapisi dengan kain lainnya. Hal ini agar panasnya tidak langsung menyentuh kain batik. Atau gunakan titik panas yang terendah saat menyetrika. Ini akan memperpanjang usia batik kesayanagan Anda.

  • Pisahkan dari pakaian yang luntur dan pakaian yang mungkin luntur. Bisa dilakukan untuk mencegah batik terkena lunturan dari baju lain yang memiliki warna berbeda. Tak mau dong baju batik Anda jadi aneh warnanya sebab terpapar warna lain?

Beberapa langkah diatas bisa Anda lakukan pada pakaian dari batik koleksi Anda. Mungkin terlihat sedikit ribet, namun langkah tersebut dapat menjaga batik Anda tetap terlihat cantik meskipun telah dipakai berkali-kali.

Batik sebagai seragam kebanggaan dapat menunjukkan rasa cinta kita terhadap produk lokal. Selain batik ada juga kain etnik dari daerah lain yang patut dibanggakan seperti lurik, songket, ulos, dan masih banyak lagi. Sebuah ikon kebanggaan ini bahkan tak hanya bisa dijadikan sebagai pakaian formal ke kantor saja. batik kini berinovasi dengan dibuat menjadi baju-baju modist yang dapat digunakan ke dalam berbagai acara. Dress cantik salah satu inovasinya. Bisa juga dijadikan seragam untuk panitia acara khusus dalam lembaga Anda. Untuk mewujudkannya Anda bisa hubungi konveksi seragam Surabaya klik: https://najwan-garment.com/

Tak hanya menyediakan baju seragam batik. Konveksi di Surabaya ini juga melayani pembuatan seragam kaos dengan sablon motif batik atau motif lainnya sesuai keinginan. Kunjungi saja, kaos sablon Surabaya untuk informasi selangkapnya.

 

Beberapa Keunggulan Tas Spunbond

Keunggulan Tas Spunbond

Hampir sebagian besar masyarakat kita masih menggunakan kantong plastik sebagai wadah atau tempat berbelanja, padahal sampah kantong plastik membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun untuk terurai.

Namun, ada juga sebagian masyarakat yang sadar dan beralih menggunakan tas spundbond untuk berbelanja. Tas ini sangat ramah terhadap lingkungan karena mudah terurai dan bisa digunakan berulang kali.

Tas spunbond terbuat dari bahan kain berbentuk sintesis dengan campuran bahan kimia yang sangat aman, seringnya masyarakat Indonesia menyebutnya dengan nama tas furing.

Tas jenis ini cocok dijadikan sebagai tas souvenir ataupun tempat belanja yang lebih praktis dan aman dibanding dengan menggunakan kantong plastik.

Ada banyak sekali keunggulan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan tas spunbond.

Berikut 6 Keunggulan Tas Spunbond

  • Tahan Lama dan Awet

Ketahanan tas spunbond dibanding dengan plastik sangat jauh berbeda. Kantong plastik menggunakan HDPE atau High Density Polyethylene yang mudah untuk untuk rusak, sedangkan tas spunbond terbuat dari kain spunbond atau kain non woven yang lebih tahan lama dan kuat.

Plastik sangat mudah untuk berlubang, bahkan sering jebol jika barang-barang belanjaan kita cukup berat. Namun, berbeda dengan tas spunbond, tas ini mengandung serat kain yang terstruktur sehingga mampu menahan berat belanjaan dengan baik.

  • Bisa Digunakan Berulang-ulang

Kantong plastik digunakan sebagai wadah untuk sekali pakai, apalagi jika kantong plastik dalam keadaan kotor maka langsung dibuang ke tempat sampah.  Berbeda dengan tas spundbond, jika kotor kita masih bisa mencucinya sampai bersih dan dipakai kembali hingga berulang kali.

Cara mencuci tas ini sangat sederhana, cucilah dengan air hangat dan bisa ditambahkan dengan detergen. Pastikan tidak menyikat tas dengan kasar, jemur di tempat yang teduh dan pastikan menyimpan di tempat yang kering.

  • Bisa Disablon dan Dijadikan sebagai Barang Souvenir

Bagi Anda yang sedang mencari souvenir unik namun memiliki manfaat yang sangat besar, tas spunbond bisa dijadikan pilihan terbaik. Tas ini bahkan bisa disablon dan digunakan sebagai oleh-oleh, media promosi sebuah perusahaan, souvenir pernikahan, workshop dan grosir tas seminar.

Kain tas spunbond yang digunakan untuk sablon biasanya memiliki ketebalan 50 gram, 75 gram dan 100 gram. Untuk ketebalan 50 gram sering kita jumpai sebagai pembungkus tas wanita bermerek, untuk ketebalan 75 gram digunakan sebagai tas seminar dan untuk ketebalan 100 gram digunakan sebagai wadah berbelanja.

  • Ramah terhadap Lingkungan

Kelebihan lainnya tas spunbond dibanding kantong plastik adalah menggunakan bahan yang sangat ramah terhadap lingkungan. Sangat berbeda dengan kantong plastik yang bisa menjadi ancaman lingkungan, karena membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terurai.

Tas spundbond juga bisa dijadikan daur ulang, sehingga keberadaannya sama sekali tidak menjadi ancaman untuk lingkungan. Bahan tas spundbond juga mudah terurai tidak membutuhkan waktu bertahun-tahun.

  • Lebih Hemat Pengeluaran

Harga tas spundbond memang lebih mahal dibanding dengan harga kantong kresek. Tetapi, jika dilihat dari penggunaan jangka panjang tas spundbond lebih hemat dibanding dengan kantong plastik yang sering digunakan sekali pakai.

  • Tersedia Dalam Berbagai Warna dan ukuran

Ada banyak sekali berbagai pilihan warna yang bisa Anda dapatkan dari tas spundbond, diantaranya warna merah, warna kuning, biru, merah muda, coklat, orange, biru, hijau dan masih banyak lagi lainnya.

Tas ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, diantaranya ada ukuran 30cm X 10cm X 40cm, 25cm X 35cm X 8cm, 38cm X 45cm X 11cm dan masih banyak lagi ukuran lainnya.

Keunggulan tas ini memang luar biasa, tidak heran jika banyak masyarakat beralih menggunakan tas spunbond untuk menemani aktifitas sehari-hari. Selain simpel, hemat dan trendy, tas ini mengajarkan kita untuk lebih mencintai lingkungan.