cara membuat logo

Cara Membuat Logo yang Benar

Banyak orang mengira kalau membuat logo itu gampang padahal dalam kenyataannya sih tidak karena jika memang membuat logo itu mudah maka kenapa situs seperti 99design atau designcrowd masih tetap ada? Ya karena membuat logo itu sulit, yang dibutuhkan untuk bisa membuat logo yang bagus bukan hanya kemampuan untuk mengolah gambar saja.

Tetapi juga menggunakan aplikasi pembuat logo seperti corel atau illustrator namun juga ada hal yang sangat berperan penting dalam semua pembuatan logo, yaitu ide. Tanpa ide dan inspirasi yang bagus maka logo yang kamu buat akan terlihat biasa saja dan kurang berkesan. Itulah kenapa dalam membuat sebuah logo itu harus ada proses yang dijalani.

Supaya logo yang dibuat tadi bisa menjadi logo yang bagus dan mudah untuk diingat oleh orang-orang. Untuk itu disini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat logo yang benar, berikut tips dan trik agar kamu bisa membuat sebuah logo yang bagus dan sangat keren. 

Tips Membuat Logo Untuk Game DLS

Hal pertama yang kamu butuhkan dalam membuat logo itu adalah inspirasi karena semua logo yang bagus itu berasal dari sebuah ide. Ide ini merupakan dasar dari semua hal yang mencakup soal desain, tanpa ide yang bagus baik desain dan logo akan terlihat jelek dan cenderung biasa saja.

cara membuat logo

Jadi coba sebelum kamu ingin membuat sebuah logo maka carilah referensi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya untuk membangkitkan ide yang ada di dalam pikiranmu. Misalnya ketika saya ingin membuat sebuah logo dream league soccer maka sebelumnya saya akan mencari berbagai macam referensi yang ada hubungannya dengan logo dls tersebut.

Untuk inspirasinya bisa dicari dimana saja entah itu di deviantart, di namatin, di dribbble, di behance, ataupun di google. Semuanya bebas karena kamu berhak mencari inspirasi dimanapun itu. Jika sudah melihat banyak bahan referensi nanti setidaknya kamu akan mendapatkan sebuah ide yang akan muncul di dalam kepalamu, jika sudah seperti itu sekaranglah waktunya mengeksekusi ide tersebut ke dalam sebuah bentuk sketsa.

Setelah mendapatkan ide logo yang kamu inginkan maka sekarang tugas kamu membuat sketsa sebanyak-banyaknya dari ide yang muncul. Entah itu bagus atau jelek pokoknya sketsa saja semua ide yang ada di dalam pikiranmu tersebut. Setelah semua sketsa yang telah kamu buat sudah jadi sekarang kamu bisa menyortir desain logo mana yang bisa dan cocok untuk digunakan.

Makanya itu seharusnya sebelum kita memutuskan untuk membuat sebuah logo ada baiknya kita memahami terlebih dahulu logo yang akan kita buat itu nantinya digunakan untuk apa. Nah, berhubung tadi kita berencana membuat logo dream league soccer maka sebelum saya memutuskan untuk mencari inspirasi.

Maka saya harus mencari tau terlebih dahulu dream league soccer itu apa, dan penggunaannya logonya itu dimana? Lalu tentang apa dan yang lainnya. Setelah kita tau semua itu maka barulah kita mencari referensi tadi, misal berhubung dream league soccer itu sebuah game sepakbola maka nanti logo yang saya buat haruslah ada hubungannya dengan hal berbau sepakbola.

Jadi disini saya bisa tau saya harus melihat dan mencari referensi dimana. Berhubung masih ada kaitannya dengan game dan bola maka saya akan melihat referensi logo dari klub-klub yang ada di dunia nyata dan logo dari tim atau perusahaan tentang game. Setelah melakukan riset ini nanti ide akan bergulir, baru deh kita bisa melakukan sketsa awal pada logo kita.

Tetapi sebelum melakukan ini lagi ada baiknya kita memastikan terlebih dahulu tentang logo yang kita buat ini sudah sesuai atau belum? Biasanya dalam membuat logo itu kita biasa membuatkan logo untuk orang maka pastikan kamu mendapatkan semua informasi logo yang diinginkan oleh orang tersebut, tetapi kalau logonya itu berdasarkan keinginan pribadi maka cukup tanyakan ke diri kamu sendiri.

Logo seperti ini apakah sudah bagus dan bisa saya gunakan? Kalo iya lanjut ke proses berikutnya. Yaitu ke digitalisasi yakni mengubah desain sketsa ke dalam bentuk sebuah file gambar. Silahkan semua sketsa yang sudah kamu buat tadi dan pilih hanya yang menurut kamu bagus dan cocok.

Setelah itu coba utak atik sedikit desain sketsa yang sudah terkumpul tadi supaya terlihat bagus lagi tetapi kalau sudah sesuai sekarang kita tinggal scan dan melakukan tracing sketsa tadi menggunakan aplikasi olah vektor seperti illustrator ataupun corel draw.

Di bagian tracing ini sebenarnya sangat mudah sekali dan hanya butuh waktu 1 atau 2 jam saja untuk membuat versi digital sebuah logo dari hasil sketsa tadi, lamanya pun tergantung dari kerumitan logo yang ada. Kalau sudah sekarang waktunya melakukan ekspor dari file vektor menjadi file gambar. Jika sudah seperti ini maka logo yang kita buat pun sudah jadi dan tinggal digunakan saja sesuai dengan keinginan masing-masing.