Yuk Ketahui Berbagai Alasan Perusahaan Melakukan IPO

Pada saat ini para investor sudah sangat dimudahkan dalam melakukan pembelian saham yang ditawarkan oleh perusahaan yang baru melakukan kegiatan IPO atau yang akan melakukan listing di bursa saham.

Hal tersebut karena pada saat ini sudah ada platform khusus yang yang menjembatani para investor untuk bisa melakukan transaksi saham yang ditawarkan oleh perusahaan yang akan melakukan IPO.

Aplikasi tersebut adalah e-IPO. Memang dengan adanya platform ini jumlah investor yang melakukan pembelian saham IPO meningkat dengan signifikan.

Namun, dalam hal ini ada beberapa orang yang mempunyai pertanyaan, apa sebenarnya yang menjadi alasan atau melatarbelakangi suatu perusahaan terbuka untuk melakukan kegiatan IPO ini?

Oke untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut kamu akan menjelaskan secara lengkap di dalam artikel ini, yuk simak pembahasannya di dalam artikel ini!

1. Mendapatkan Modal yang Lebih Murah

Setiap perusahaan tentu saja mempunyai impian untuk melakukan ekspansi bisnis yang sedang dijalankannya, terlebih jika proyek yang sedang dijalankannya tersebut berpotensi akan gemilang di masa depan.

Namun, dalam hal ini melakukan sebuah ekspansi tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga perusahaan harus melakukan penghimpunan dana tambahan dengan cara apa saja yang diperbolehkan.

Memang pada dasarnya sebuah perusahaan dapat melakukan kegiatan pengumpulan dana tambahan dengan berbagai cara, seperti pinjaman perbankan, menawarkan obligasi, mendapatkan suntikan dana, dan lain sebagainya.

Namun, jika dibandingkan dengan beberapa pilihan cara mendapatkan modal tambahan tersebut, melakukan IPO adalah cara yang paling direkomendasikan karena lebih murah.

Hal tersebut karena perusahaan tidak harus membayar beban bunga secara periodik. Dalam hal ini perusahaan hanya perlu membalas jasa publik yang sudah membeli saham mereka dengan cara memberi dividen kepada para investor setiap tahunnya berdasarkan pada kebijakan dari setiap perusahaan.

Apakah kamu ingin mengetahui lebih jauh tentang IPO? Oke kamu bisa mengunjungi situs asaskewangan.com. Pada situs ini kamu akan bisa belajar banyak hal yang berhubungan dengan saham dan juga aset crypto.

2. Mengurangi Beban Perusahaan

Sebuah perusahaan yang mempunyai performa bisnis yang sangat baik dan juga menjanjikan bisa menggunakan kegiatan IPO ini untuk mendapatkan pendanaan dengan murah.

Selain itu, ada beberapa perusahaan yang juga bisa mendapatkan pendanaan dalam bentuk pinjaman yang diberikan oleh bank atau dengan cara melakukan penerbitan obligasi.

Namun, jenis perusahaan tersebut terkadang mempunyai potensi tidak bisa melakukan pelunasan terhadap hutang mereka.

Nah, supaya mereka bisa melakukan pelunasan semua hutang mereka, maka perusahaan bisa melakukan kegiatan IPO sebagai salah satu cara atau sarana untuk bisa melunasi hutang yang mereka miliki.

3. Memperkenalkan Nama Perusahaan Ke Publik

Perlu kamu tahu bahwa perusahaan terbuka yang sudah berada di dalam bursa saham tentu saja tidak hanya sekedar ingin mendapatkan dana saja, tetapi mereka juga berharap namanya bisa dikenal oleh banyak orang.

Apabila perusahaan terbuka ini dapat memberikan performa yang paling baik, maka kinerja mereka akan menjadi sorotan oleh banyak media massa.

Lebih menariknya, tidak jarang bahwa reporter dari sebuah media massa biasanya melakukan peliputan terhadap kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham yang dilakukan oleh perusahaan.