Peralatan WAJIB di Miliki Oleh Teknisi Komputer

Peralatan WAJIB di Miliki Oleh Teknisi Komputer

Peralatan WAJIB di Miliki Oleh Teknisi Komputer – Teknisi komputer atau PC adalah seorang tenaga ahli dalam dunia IT yang memiliki keahlian khusus dan pastinya di harapkan untuk terus membantu bila ada persoalan yang di hadapi oleh klien baik itu dari pribadi, sekolahan, perusahaan hingga lembaga tertentu. 
 
Seorang teknisi akan di hadapkan kepada kerusakan perangkat hardware dan software komputer. Maka dari itu sebelum memperbaiki kerusakan pastinya harus mempersiapkan segala peralatan yang ada untuk mendukung pekerjaan ini. Lalu apa saja hal – hal yang wajib di miliki oleh seorang teknisi komputer ini. Menyadur dari sebuah website pusat service komputer online seperti ini: 
Peralatan WAJIB di Miliki Oleh Teknisi Komputer 1
Hand Tools
Jenis perlaatan ini memang wajb untuk di miliki seorang teknisi karena ini sangat membantu sekali. Ada beberapa contohnya seperti obeng baik yang plus atau minus. Sebaiknya memilih jenis yang tangkainya tidak terlalu besar dan panjang. Selain itu perlu juga memiliki tang baik tang potong, tang jepit, tang krimping RJ45 hingga tang kombinasi. Untuk peralatan lainnya bisa di tambahkan solder, pinset, cutter, gunting yang kecil dan terkadang senter juga
 
Perbersih debu
Seringnya komputer ngadat itu di karenakan persoalan yang remeh temeh yakni masalah debu. Problem yang umumnya sering di dapati kebanyakan orang. Banyak yang tidak memperhatikan hal ini dan bisanya hanya memakai saja. Untuk membersihkan debu ini bisa menggunakan kuas, blower, kompresor kecil. Ketiga alat ini sangat perlu di miliki. Ketika debu di seka dengan kuas maka kompresor ini akan menyedotnya sehingga debu dan kotoran akan hilang. 
 
Selain itu bisa juga menggunakan magic gel. Magic gel ini bentuknya seperti slime hanya saja lebih cair sedikit. Seringnya di gunakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang ada pada keyboard. Asiknya magic gel ini bisa di pakai berkali – kali tidak hanya sekali buang saja.
 
Alat Uji
Saat melakukan kegiatan service tidak serta merta langsung ketemu masalahnya. Terkadang di butuhkan pengecekan secara detail untuk menemuan pokok masalahnya secara satu persatu. Untuk itu di butuhkan peralatan yang gunakan sebagai alat uji seperti LAN tester, mouse, headphone untuk mengecek apakah soundnya bekerja, keyboard, USB, PSU tester hingga multi meter. 
Semua ini wajib di lakukan oleh teknisi komputer mulai di awal mencari pokok masalah yang ada hingga setelah di perbaikinya.
 
Hardware
Kerusakan yang terjadi pada komputer tidak bisa diprediksi terlebih bila komputer ini mati total. Untuk memudahkan apa masalahnya ada baiknya untuk berkomunikasi dengan klien yang ada akan masalah yang terjadi. Bila masalah hardware maka perlu sekali di persiapkan sehingga ketika sudah sampai di lokasi perbaikan tidak bingung. Beberapa kelengkapan yang perlu di miliki seperti ram, vga card, keyboard, flashdisk usb, sound card, hard disk internal plus eksternal, kabel sata, portable dvd room, lan card, psu, kabel – kabel pendukung lainnya.
 
Sarung tangan
Tubuh manusia pada dasarnya memiliki aliran listrik statik yang dapat merusak komponen bila kita menyentuh bagian dari komputer tersebut. Untuk itu bisa menggunakan sarung tangan anti static. Selain itu bisa juga menggunakan gelang anti static. Fungsinya adalah agar aliran listrik dari tubuh sendiri bisa di cegah, sehingga tidak terkontaminasi dengan komponen yang ada.
 
Software
Sering yang mengalami kerusakan itu ada pada softwarenya. Penyebabnya juga banyak bisa karena komputer sering restart sendiri dan juga karena virus. Maka dari itu dibutuhkan software yang membantu dalam menyelesaikannya seperti software install windows original, anti virus, microsoft office, hirens boot cd dan aplikasi lainya. 
 
Nah itu peralatan yang umum di miliki oleh tukang service komputer. Bila kerusakan terjadi pada anda maka bisa saja di perbaiki sendiri tetapi bila masih amatiran ada baiknya memanggil tukangnya saja. Bagi  anda yang lokasi di jakarta dan sekitarnya bisa dengan mencari tempat service komputer jakarta yang pasti siap menyelesaikan persoalan yang ada. Serahkan saja kepada mereka.

 

Tinggalkan komentar