Pasti Berhasil, Inilah 5 Cara Membuat Bibit Mangga Red Ivory Berbuah

Menanam buah mangga sepertinya hal yang sudah biasa. Apalagi pasti sudah banyak pohon mangga di sekitar rumah anda. Walaupun sudah banyak tetapi buah ini tetap menjadi favorit karena rasanya yang manis dan cocok diolah menjadi menu makanan apapun. Dari sekian banyak tanaman mangga di sekitar anda itu apakah ada yang warna buahnya merah cerah? Jika belum mungkin anda harus mencoba menanam pohon mangga red ivory, salah satu mangga yang buahnya berwarna merah.

Bibit mangga red ivory berasal dari Taiwan. Buahnya memiliki ukuran yang sangat besar dengan warna merah cantic. Rasa buahnya pun manis dan lezat. Anda harus mencoba menanam bibit mangga red ivory agar merasakan sendiri kenikmatan daging buahnya.

Jika anda tertarik untuk menanam bibit ini, kami akan memberikan ulasan agar bibit yang anda tanam dapat tumbuh dengan baik dan mampu berbuah dengan lebat. Berikut adalah tipsnya :

1.    Memberikan Pupuk Dolomit

Pemupukan sangat penting untuk pertumbuhan bibit mangga red ivory. Salah satu pupuk yang baik untuk kesuburan tanah adalah pupuk kapur atau dolomit. Kandungan kalsium dan magnesium terkandung dalam pupuk ini bisa membuat bibit mangga yang anda miliki menjadi lebih produktif. kadar mineral yang terdapat di dalamnya pun mampu membuat tanah yang terlalu asam menjadi netral. Jika anda ingin menetralkan tingkat keasaman tanah, taburkan dolomit 7 atau 10 hari sebelum pemupukan.

2.    Melakukan Pemangkasan

Pemangkasan mampu membuat bibit mangga red ivory lebih produktif. Setelah pemangkasan, biasanya tunas vegetatif dan tunas generatif akan muncul. Pada tunas tersebut biasanya akan muncul cabang-cabang yang menghasilkan buah. jumlah buah akan bertambah seiring banyaknya cabang yang muncul setelah pemangkasan.

Baca Juga : Jual Bibit Mangga Red Ivory – Mangga Ukuran Jumbo Warna Merah Asal Taiwan

3.    Berikan Zat Pengatur Tumbuh

Cara paling mudah agar bibit mangga red ivory anda berbuah dengan lebat adalah dengan memberikan zat pengatur tumbuh (ZPT). Kandungan aktif paclobutrazol pada ZPT mampu memberikan rangsangan pada bibit agar segera memunculkan bunga. Gunakan ZPT hanya saat usia bibit sudah mencapai 5 tahun agar lebih efektif. Anda bisa menyemprotkan ZPT pada daun atau menyiramnya pada tanah sekitar akar pohon.

4.    Melakukan Pelukaan Pada Batang

Tujuan dari pelukaan adalah untuk membuat nutrisi berfokus pada batang dan tidak mendistribusikannya ke akar. Nutrisi yang bertumpuk pada batang akan berubah menjadi cadangan makanan yang tumbuh menjadi buah. lakukan pelukaan pada leher batang, berikan pelukaan sampai jaringan kayunya nampak. 

5.    Melakukan Pelengkungan Batang

Cara terakhir adalah melakukan pelengkungan batang. Tujuan dari pelengkungan batang adalah menghambat pendistribusian nutrisi menjadi lebih lambat di sekitar batang. Caranya adalah membuat batang menjadi datar. Tarik ujung batang yang akan dilengkungkan kemudian ikat menggunakan tali. Kemudian ikat ujung batangnya dan Tarik ke bawah sampai tanah. Kemudian ikat batang yang sudah tertarik ke kayu atau patok yang ada disekitar bibit. Jika sudah anda lakukan maka nutrisi akan mengalir lebih lambat. Dalam beberapa hari nutrisi yang bergerak lambat di daerah batang itu akan menjadi berubah menjadi buah.

Demikianlah lima cara membuahkan bibit mangga red ivory yang dapat anda terapkan pada bibit buah milik anda. Jangan khawatir karena kelima cara tersebut terbukti ampuh untuk menghasilkan buah yang lebat. Mulailah dan buktikan sendiri kelima cara tersebut. Happy Gardening.