Cara Menanam Sawi

Salah satu sayuran yang paling banyak digemari warga Indonesia adalah sawi. Rasanya yang gurih dan cocok diolah menjadi segala jenis masakan. Selain itu, juga kaya akan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Bahkan di Korea sawi menjadi makanan pendamping pokok yakni kimchi.

Cara Menanam Sawi Dengan Benar

Sawi tergolong jenis tanaman yang mudah untuk dibudidayakan, bahkan di rumah sekalipun Anda bisa menanamnya. Hal ini dikarenakan tumbuhan ini memang mudah beradaptasi hampir semua daerah, baik dataran tinggi maupun dataran rendah. Berikut ini adalah langkah-langkah menanam dengan benar:

Tentukan Lokasi yang Tepat

Walaupun sawi bisa tumbuh pada semua jenis tempat, namun tetap saja harus memilih lokasi tanah yang bagus dan bisa gampang diakses agar mempermudah saat perawatan. Pastikan tanah tersebut dalam keadaan subur dan gembur.

Anda juga bisa mencoba menanamnya di rumah saja. Cukup dengan polybag sejenis kertas plastik hitam untuk menanam tanaman, atau langsung di pot saja. Kedua cara ini super praktis dan tidak membutuhkan keterampilan khusus. Cukup perhatikan jenis kompos yang nantinya akan diberikan pada tanaman sawi. Selanjutnya adalah perawatan bibit.

Proses Tanam Bibit dan Penyemaian

Saat penanaman bibit usahakan untuk memberikan pelindung seperti plastik yang diletakkan di atas dengan lubang udara kecil. Gunanya adalah agar sawi tidak terlalu banyak terpapar sinar matahari. Setelah melewati masa pertumbuhan barulah bisa terkena sinar matahari maksimal 13 jam per hari.

Perawatan sawi tidak terlalu rumit, cukup dengan memperhatikan  proses pemupukan dan penyemaian saja dan selalu memantau masa pertumbuhan. Hal penting yang harus dicatat disini adalah saat bibit sda berubah menjadi tunas dan mulai dilakukan pemindahan, namun lakukanlah dengan hati-hati.

Cara Perawatan Sawi

Sawi tidak dirawat saja sebenarnya tetap bisa tumbuh namun tidak maksimal. Oleh karena itu Anda hanya perlu memastikan sawi mendapatkan penyiraman yang cukup. Karena merupakan tanaman yang harus tumbuh di karakteristik tanah basah. Jangan lupa lakukan itu secara rutin. Sampai saat ini varietas tanaman sawi masih menjadi idola bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu menanam sawi bisa juga dijadikan hobi yang menghasilkan.

Sumber: https://www.kebun.co.id/