Kelebihan Menggunakan Jilid Softcover

Kelebihan Menggunakan Jilid Softcover

Jilid softcover merupakan salah satu cara yang dapat menjadi alternatif dalam mengurangi biaya penjilidan sebab harganya jauh lebih murah. Walaupun tidak sekokoh hardcover, kualitasnya juga tidak kalah bagus. Sehingga masih menjadi pilihan bagi sebagian orang.

Setiap jenis penjilidan tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun keduanya tetap memiliki fungsi yang sama, yaitu membundel berkas menjadi satu. Sebaiknya pahami terlebih dahulu kelebihan dari softcover sebelum menggunakannya di cetak buku murah.

Kelebihan Menggunakan Jilid Softcover

1. Bahannya Lentur

Buku yang menggunakan softcover tentu memiliki karakteristik tipis dan lentur sehingga dapat dilengkungkan. Bukan tanpa alasan, ini dapat menjadi kelebihan karena memudahkan proses fotocopy buku. Melipatnya sebagai penanda kepemilikan pun dapat dilakukan karena sampulnya mudah terlipat.

Bahan lentur yang digunakan softcover juga memungkinkan untuk menggulungnya ketika tas yang dimiliki ruang yang tidak begitu besar, Sehingga tetap dapat membawanya.

2. Mudah Diperbaiki

Ketika buku yang menggunakan softcover mengalami kerusakan pada sampulnya, Anda tidak perlu khawatir ataupun kebingungan. Cukup gunting dan ganti dengan yang baru. Cara ini tidak akan membuat buku rusak karena sampul berbahan ringan.

3. Harga Terjangkau

Harga jilid softcover lebih murah dari hardcover. Sebab keduanya menggunakan bahan sampul yang berbeda. Softcover menggunakan bahan sampul yang tipis dan ringan sehingga cocok untuk penggunaan jangka pendek. Biasanya sampul ini digunakan pada nota, memo, dan lain-lain.

Bila keuangan Anda terbatas, softcover dapat menjadi pilihan. Apalagi jika harus mencetak buku dalam jumlah cukup banyak. Tenang saja, kualitasnya tidak kalah dengan hardcover selama memilih percetakan yang tepat seperti cetak buku murah.

4. Ringan dan Tidak Membebani saat Dibawa

Sampul soft cover tipis dan ringan. Jadi berat buku tidak akan bertambah karena hanya karena covernya. Hal ini tentu sangat menguntungkan bila membawanya dalam jumlah banyak.

 

Itulah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jilid softcover. Pilihlah tempat cetak buku murah untuk mendapatkan hasil jilidan yang berkualitas. Ketahuilah bahwa kemampuan dan keahlian percetakan dalam menjilid mampu menambah kualitas selain dari alat dan bahannya.