6 Langkah Budidaya Ikan Tenggiri untuk Pemula

Budidaya ikan tenggiri masih sedikit mirip dengan ikan tongkol, ikan tuna, ikan mackerel, ikan kembung, dan ikan madidihang. Jenis ikan laut tersebut masih gampang dicari pada daerah perairan air laut. Di Indonesia, ikan tenggiri paling sering dijumpai di Gorontalo.

Bagi pemula yang ingin melakukan budidaya ikan tenggiri, berikut adalah informasi yang wajib anda simak yang dilansir dari Suksespedia.

6 Cara Budidaya Ikan Tenggiri Untuk Pemula

1. Benih Ikan Tenggiri

Persiapan benih adalah hal utama, berbeda dengan ikan tuna yang harus menangkap dari alam, benih ikan tenggiri dapat beli ke tempat pembenihan. Pastikan benih berkualitas, sehat, dan tidak ada cacat.

2. Kepadatan Kolam Ikan Tenggiri

Selanjutnya, anda harus menyiapkan kolam, perhatikan pada kepadatannya.  Amati kondisi kolam dan jika tebar terlalu tinggi, maka akan memicu benih stres dan mati. Idealnya, setiap meter kubik kolam, hanya boleh untuk 150 sampai 200 ekor tenggiri.

Jika tenggiri sudah berusia 1 hingga 1,5 bulan, maka kurangi kepadatan sehingga hanya sampai 100 ikan. Jika sudah usia 2 bulan, kurangi kembali kepadatan kolam sampai sekitar 20-25 ekor per meter kubik.

3. Pemberian Pakan

Tidak hanya kepadatan kolam, berikutnya adalah proses pemberian pakan pada budidaya ikan tenggiri. Beri pakan sebanyak tiga kali sehari, saat pagi, siang, juga sore. Ikan tenggiri yang masih kecil dapat anda beri pakan lebih sering.

4. Beri Vitamin

budidaya ikan tenggiri juga membutuhkan vitamin. Tujuan pemberian vitamin adalah supaya ikan tenggiri memiliki nafsu makan meningkat. Cara inilah yang menjadi rahasia ikan tenggiri agar cepat besar, pemula juga wajib tahu. Campur vitamin bersama dengan pakan tenggiri, lalu tebarkan ke kolam.

5. Pemijahan Ikan Tenggiri

Ikan-ikan yang sudah mulai besar dan masuk dalam proses pemijahan memiliki beberapa ciri-ciri fisik. Ikan tenggiri akan matang gonad, sehingga anda harus menyediakan kolam khusus untuk pemijahan. Hal ini penting supaya benih ikan tenggiri dapat anda peroleh untuk tahap budidaya selanjutnya.

6. Panen Ikan Tenggiri

Terakhir dalam budidaya ikan tenggiri, anda dapat melakukan proses panen ketika ikan tenggiri sudah berusia 4 bulan. Panen ikan jika sudah mencapai ukuran satu kilogram tiap ekornya. Proses pemanenan adalah saat pagi atau sore.